Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bengkulu membutuhkan tambahan mobil pemadam kebakaran, utamanya kendaraan pemadam berukuran kecil untuk menangani kebakaran di lingkungan permukiman padat penduduk.

"Kita perlu yang ukuran kecil, setidaknya ada tiga, dan ini digunakan agar dapat menjangkau gang-gang kecil yang ada di Kota Bengkulu," kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bengkulu Yuliansyah di Bengkulu, Rabu.

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bengkulu, menurut dia, saat ini memiliki sekitar 30 kendaraan pemadam kebakaran.

Ia mengatakan bahwa dinas membutuhkan tambahan mobil pemadam kebakaran untuk menjangkau daerah permukiman padat dengan gang-gang kecil.

Namun demikian, menurut dia, pemerintah daerah belum mengalokasikan dana untuk pengadaan tambahan mobil pemadam kebakaran dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2024.

"Pada APBD 2024 kita tidak ada pengadaan karena kita sadar prioritas penggunaan anggaran, tetapi kita harap pada APBD perubahan 2024 dapat dianggarkan tiga unit blangwir ukuran tiga ribu liter dan tambahan satu armada blangwir ukuran besar," katanya.

Sepanjang awal Januari hingga pertengahan Desember 2023, Kota Bengkulu menghadapi 107 kali kejadian kebakaran, termasuk di antaranya kebakaran lahan.

Kebakaran lahan antara lain terjadi di wilayah Kecamatan Selebar, Kecamatan Sungai Serut, dan Kecamatan Muara Bangkahulu.
 

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023