Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, tahun 2024 akan menambah sebanyak 14 desa di daerah ini sebagai penerima program perluasan akses internet gratis dari pemerintah daerah setempat.

Kepala Bidang Aplikasi dan Komunikasi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mukomuko Yunaldi Asri di Mukomuko, Jumat, menyebutkan, sampai sekarang sebanyak 66 desa dari 148 desa di daerah ini yang telah penerima program perluasan akses internet gratis. 

"Tahun 2024 kita menambah 14 desa sehingga totalnya menjadi sebanyak 80 desa atau sesuai dengan rencana kerja (renstra) program perluasan akses internet gratis di desa daerah ini," ujarnya.

Baca juga: Pemkab Mukomuko bagikan puluhan kambing untuk usaha petani
 
Ia mengatakan, instansinya tahun 2024 mendapat alokasi anggaran sebesar Rp38 juta dari dana alokasi umum untuk pemasangan internet gratis di 14 desa di daerah ini.
 
Selanjutnya, katanya, instansinya masih menunggu kesanggupan pihak PT Telkom untuk memasang jaringan internet di 14 desa di daerah ini.
 
"Kini Telkom masih melakukan pembangunan jaringan di daerah ini, jadi paling tidak sudah ada tiga desa yang sudah dibangun jaringan internet," ujarnya pula.
 
Ia mengatakan, kalau berdasarkan hasil koordinasi dengan pihak Telkom, kemungkinan mereka tidak mampu membangun jaringan internet di 14 desa di daerah ini.
 
Akan tetapi, ia optimistis, pemasangan jaringan internet di 14 desa di daerah ini dapat terealisasi tahun 2024.

Baca juga: Pemkab Mukomuko beri hadiah anggaran tambahan untuk desa mandiri
 
Sementara itu, ia menjelaskan, bahwa program prioritas kepala daerah dalam renstra ditetapkan oleh kepala daerah terpilih mulai jalan 2022.
 
"Kalau program prioritas dia sudah bisa jalan, namun dari sisi APBD belum bisa karena waktu itu renstra belum ditetapkan," ujarnya.
 
Ia mengatakan, kalau sesuai dengan renstra dinas ini yang dibuat tahun 2021, dinas ini sudah melebihi target sebanyak 66 desa.
 
Ia mengatakan, dari capaian renstra di dinas ini sudah lebih dari 66 desa, kemudian target renstra tahun 2024 sebanyak 80 titik, tahun 2025 sebanyak 118 titik, dan 2026 sebanyak 148 desa atau seluruh desa di daerah ini.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023