Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko, Provinsi Bengkulu, bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) melakukan gerakan penanaman 100 pohon sebagai upaya mengatasi perubahan iklim, pemanasan global, serta menjaga kelestarian lingkungan di daerah ini.
 
Gerakan penanaman sebanyak 100 pohon jenis mahoni dan kayu bawal tersebut di laksanakan di lahan kosong yang berada dekat Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Mukomuko.
 
"Mudah-mudahan penanaman pohon serentak ini sebagai bukti nyata bagi kita semua dalam mencintai alam dan bentuk kepedulian kita dalam menjaga kelestarian lingkungan," kata Wakil Bupati Mukomuko Wasri di Mukomuko, Sabtu.
 
Gerakan penanaman 100 pohon di RSUD Mukomuko ini dihadiri oleh sejumlah pejabat di lingkungan pemerintah daerah, Dandim 0428/Mukomuko Letkol Inf Andri Suratman.
 
Wasri mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu kebersamaan antara pemerintah daerah, TNI, Polri dan masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan.
 
"Kemudian kegiatan ini juga sebagai bentuk upaya pencegahan bencana alam seperti polusi udara, banjir, dan kekeringan. Mudah-mudahan pohon yang telah ditanam ini bermanfaat bagi masyarakat dan untuk anak cucu ke depan," katanya.
 
Selanjutnya, ia menyarankan, agar pohon yang telah ditanami dirawat agar bisa tumbuh dengan baik, dan alam yang ada sekitar menjadi subur dan terjaga dengan baik.
 
"Kami mengajak masyarakat untuk bersama menghijaukan dan melestarikan alam kita dengan menanam pohon," ujarnya.
 
Dandim 0428/Mukomuko Letkol Inf Andri Suratman menyatakan mendukung gerakan penanaman 100 pohon di lingkungan RSUD Mukomuko dalam rangka refleksi akhir tahun 2023.
 
"Gerakan peduli lingkungan ini, kita dari Kodim 0428/Mukomuko juga telah melaksanakan kegiatan serupa sebelumnya, jadi kita selalu bersinergi untuk menjalankannya," ujarnya.

Ia berharap ke depan kegiatan ini akan terus dilakukan, sehingga dari hasil edukasi yang berulang-ulang ini akan menjadi satu kesadaran dan memberikan pemahaman kepada masyarakat, sehingga akan menjadi sebuah kebiasaan kita semua untuk semakin peduli terhadap lingkungan dan alam.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023