Kepolisian Daerah (Polda) Jambi meloloskan seorang warga dari Suku Anak Dalam (SAD) untuk menjadi peserta pendidikan di Sekolah Polisi Wanita melalui rekrutmen Polri Rekpro 2023.

Kepala Kepolisian Daerah (Polda) Jambi Inspektur Polisi Rusdi Hartono di Jambi, Sabtu, mengatakan bahwa seleksi ini menjadi salah satu bentuk kepedulian Polri terhadap keberadaan Suku Anak Dalam yang merupakan suku asli Jambi.

"Beberapa tahun belakangan ini Polri memang memberikan peluang bagi Suku Anak Dalam yang suku asli Jambi untuk bergabung dengan kepolisian," kata dia.

Rusdi menyebutkan sebelumnya terdapat tiga polisi laki-laki yang sudah ditugaskan di Kabupaten Merangin, Sarolangun dan Bungo.

Selanjutnya, Polda Jambi kembali membuka peluang bagi warga SAD untuk mengikuti seleksi Bintara Rekpro Tahun Anggaran 2023.

Adapun nama peserta yang lolos itu adalah Nia Kurnia asal rekrutmen dari Polres Batanghari. Nia Kurnia akan mengikuti pendidikan di sekolah polisi wanita.

"Ini menjadi salah satu poin penting bahwa Polda Jambi sangat peduli dengan masyarakat suku asli Jambi," kata dia.

Rusdi menegaskan bahwa Nia Kurnia dinyatakan lolos seleksi setelah mengikuti berbagai tahapan tes meliputi tes fisik, kesehatan maupun tes akademik.

Ia mengatakan bahwa dengan adanya personel yang berasal dari Suku Anak Dalam ini meningkatkan keyakinan dan kepercayaan dari suku tersebut bahwa mereka juga memiliki potensi dan peluang yang sama untuk menjadi bagian kepolisian.

"Mereka ini anak bangsa, saya pastikan bahwa semua punya potensi dan peluang yang sama," katanya.

Pewarta: Tuyani

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023