Melayani sepenuh hati remaja, calon pengantin, pasangan usia subur, sehat ibu hamil, anak dan keluarga "Mercusuar" adalah program unggulan atau inovasi dari Puskesmas Bangun Jaya, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu.

Kepala Puskesmas Bangun Jaya, Kecamatan Bermani Bermani Ulu Raya, Tutik Royani Amd.Keb saat ditemui menerangkan, jika program "Mercusuar" ini menjadi program unggulan puskesmas yang berada di perbatasan Kabupaten Rejang Lebong dengan Kabupaten Lebong itu.

Dia menjelaskan, bentuk kegiatan dalam program unggulan mereka itu mulai pemantauan kesehatan KIE dan konseling hingga kunjungan rumah dan motivasi keluarga. Dengan adanya kegiatan-kegiatan tersebut dapat menurunkan dan pencegahan stunting.

"Pencegahan stunting dapat dilakukan sebelum menikah, mereka harus memiliki pengetahuan untuk mengurangi risiko kehamilan dengan bayi stunting," terangnya.

Selain itu PKM Bangun Jaya saat ini, kata dia, sudah memiliki USG sehingga dengan adanya peralatan ini bisa mengecek secara dini potensi janin stunting yang ada dikandungan ibu dan juga dapat memberikan intervensi yang diperlukan.

"Potensi terjadinya stunting bisa dihindari, dan pemberian intervensi gizi sejak dini bisa dilakukan," tegasnya.

Sejauh ini PKM Bangun Jaya melayani warga dari sembilan desa di Kecamatan Bermani Ulu Raya, juga warga beberapa kecamatan dari daerah tetangga yakni Kabupaten Lebong, baik pasien peserta JKN-KIS maupun pasien umum. 

Puskesmas Bangun Jaya saat ini didukung oleh 47 orang nakes terdiri dari dokter dua orang, selebihnya adalah bidan, perawat, tenaga gizi dan lainnya. 
 
Pimpinan Puskesmas Bangun Jaya Tutik Royani (depan tengah) berfoto bersama kader kesehatan. ANTARA/HO-PKM Bangun Jaya


Untuk pelayanan PKM Bangun Jaya dilengkapi layanan IGD 24 jam, kemudian pelayanan obstetri neonatal emergency dasar (poned) atau pelayanan terhadap ibu hamil 24 jam, farmasi, rawat inap, poli umum, poli lansia, poli KIA dan USG.

Sementara itu untuk strategi-strategi PKM Bangun Jaya diantaranya meningkatkan kualitas pelayanan dan program sesuai standar mutu, meningkatkan etos kerja tenaga kesehatan, meningkatkan peran serta masyarakat untuk hidup sehat secara mandiri.

Selanjutnya meningkatkan kerja lintas sektor, mengembangkan sarana dan prasarana sesuai dengan standar pelayanan agar memuaskan pelanggan, serta menjadilan puskesmas sebagai pusat informasi kesehatan bagi masyarakat di wilayah kerja PKM Bangun Jaya. (Adv)

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023