Sejumlah objek wisata di Kota Bengkulu seperti kawasan Pantai Panjang dan Benteng Marlborough pada libur tahun baru 2024 ramai dikunjungi wisatawan lokal dari berbagai wilayah di Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel).
 
Para pengunjung tersebut kebanyakan berasal dari Provinsi Jambi, Provinsi Sumatera Selatan tepatnya Kota Palembang, Pagar Alam, Lubuk Linggau dan lainnya.

Baca juga: BKSDA Bengkulu otopsi bangkai gajah di Mukomuko
 
"Hingga siang ini saja, saya perkirakan sudah sampai ribuan orang, untuk pastinya nanti sore baru akan kita rekap, karena rekapnya itu biasanya per sistem," kata salah seorang petugas di Benteng Marlborough Bengkulu Liyon Sagitra di Bengkulu, Senin.
 
Ia menyebutkan, untuk kunjungan wisata sejarah di Benteng Marlborough Bengkulu telah mengalami peningkatan sejak 31 Desember 2023 yaitu telah mencapai mencapai 2.597 pengunjung.
 
Meskipun demikian, dirinya memperkirakan jika pengunjung di objek wisata Benteng meningkat jika dibandingkan pada hari sebelumnya karena masih banyak pengunjung dari luar daerah baru tiba di Bengkulu.

Baca juga: Polda Bengkulu imbau warga tidak gunakan motor listrik di jalan raya
 
"Kebanyakan pengunjung itu berasal dari provinsi lain dan dari luar Kota Bengkulu. Dari luar Provinsi Bengkulu itu mungkin sekitar 35 persen, dari Kota Bengkulu sekitar 10 persen dan sisanya dari kabupaten," ujar dia.
 
Ternyata ada beberapa alasan yang membuat para pengunjung terutama yang berasal dari luar Bengkulu, menjadikan Benteng Marlborough sebagai destinasi wisata tujuan.
 
Salah seorang pengunjung dari Kabupaten Musi Rawas Utara, Provinsi Sumatera Selatan, Rati menerangkan bahwa Kota Bengkulu menjadi salah satu lokasi untuk liburan akhir tahun.

Baca juga: Dinkes Bengkulu mencatat sebanyak 48 kasus DBD selama 2023
 
"Alasan kami tujuannya ke sini karena Benteng Marlborough ini bangunannya ini sangat indah, tujuan orang Nibung (Musi Rawas, Sumsel) kalau ke Bengkulu biasanya memang ke sini," sebutnya.
 
Hal senada juga disampaikan oleh Robert, warga Kota Palembang, Sumatera Selatan yang baru pertama kali ke Bengkulu untuk melihat wisata Pantai Panjang.
 
"Ini pertama kali bersama keluarga ke Kota Bengkulu dan berniat ingin mandi di kawasan Pantai Panjang, namun menurut anggota polisi bahwa lokasi ini tidak diperbolehkan mandi. Sehingga kami akan ke Pantai Zakat untuk mandi pantai," terangnya.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024