Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu telah memasang 520 lampu penerangan jalan umum (PJU) di wilayah tersebut selama 2023.
 
"Pemasangan JPU tersebut merupakan salah satu program Pemkot Bengkulu untuk menerangi kota dan tidak membahayakan pengendara maupun pengguna jalan," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Bengkulu Hendri Kurniawan di Bengkulu, Jumat.
 
Ia menyebutkan, pemasangan lampu jalan tersebut berada di sejumlah persimpangan, jalan utama dan permukiman masyarakat yang berada di sembilan wilayah yang ada di Kota Bengkulu.
 
Untuk lampu jalan yang telah di pasang tersebut terdiri dari lima jenis yaitu panasonic 200 watt, panasonic 120 watt, bandell 60 watt, siklon 90 watt dan siklon 60 watt.
 
Hendri menerangkan, untuk kawasan yang belum terjangkau, dirinya meminta agar masyarakat untuk bersabar karena pemasangan PJU oleh Dishub Kota Bengkulu akan dilakukan secara bertahap.
 
"Kami meminta masyarakat untuk bersabar menerima program lampu jalan ini. Kami sadar bahwa masih banyak di dalam kota ini yang belum terlayani atau di pasang lampu jalan, tapi yakinlah berangsur-angsur semua akan terpasang," ujar dia.
 
Sementara itu, Dishub Kota Bengkulu mengusulkan perbaikan dan pemasangan baru 'traffic light' atau lampu lalu lintas di tiga titik dengan total anggaran Rp1,05 miliar.
 
Pemasangan tiga lampu lalu lintas tersebut akan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Bengkulu pada 2024.
 
"Kota Bengkulu ada tiga lokasi kita usulkan dan satu kita pasang baru. Untuk di APBD kita belum ada dan belum sampai di dinas namun kita berusaha dan untuk satu simpang empat itu kisaran Rp350 juta," kata Hendri.

Rencana pemasangan tiga lampu lalu lintas tersebut berada Simpang Kampung Bali, Simpang Panorama dan Simpang Mesjid Jamik Kota Bengkulu.
 
Selain itu, terdapat dua titik pemasangan lampu lalu lintas yang diusulkan ke Kementerian Perhubungan melalui Balai Pengelolaan Transportasi Darat (BPTD).
 
"Untuk yang kita usulkan ke Kementerian Perhubungan melalui Balai yaitu di Simpang Air Sebakul dan Simpang Betungan," kata dia.

 

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024