Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu menganggarkan dana sebesar Rp1,1 miliar untuk pengadaan lampu penerangan jalan umum (PJU) Di wilayah tersebut.
 
Kepala Dishub Kota Bengkulu Hendri Kurniawan menyebutkan, alokasi anggaran lampu jalan sebesar Rp1,1 miliar berasal dari pokir anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) sebesar Rp600 juta dan anggaran dari Dishub Kota Bengkulu yaitu Rp500 juta.
 
"Dinas Perhubungan Kota Bengkulu telah mengalokasikan anggaran khusus pengadaan lampu penerangan jalan umum di wilayah Kota Bengkulu sebesar Rp1,1 miliar pada 2024," kata dia di Kota Bengkulu, Kamis.
 
Ia menyebutkan, pengadaan PJU tersebut dilakukan guna menciptakan Kota Bengkulu yang lebih aman, nyaman bagi masyarakat dan mengurangi insiden kejahatan di malam hari.
 
Terkait dengan jumlah PJU seperti jalan di jalur lingkungan yang akan dilakukan pergantian saat ini masih dalam proses perhitungan dengan target akan selesai pada triwulan pertama 2024.
 
Sementara itu, Hendri menerangkan pada 2023 Dishub Kota Bengkulu telah melakukan pemasangan sebanyak 520 titik lampu penerangan jalan umum di wilayah tersebut.
 
Untuk pemasangan lampu jalan tersebut berada di sejumlah persimpangan, jalan utama dan permukiman masyarakat yang berada di sembilan wilayah yang ada di Kota Bengkulu.
 
Terang dia, lampu jalan yang telah di pasang tersebut terdiri dari lima jenis yaitu panasonic 200 watt, panasonic 120 watt, bandell 60 watt, siklon 90 watt dan siklon 60 watt.
 
Kemudian, untuk kawasan yang belum terjangkau, dirinya meminta agar masyarakat untuk bersabar karena pemasangan PJU oleh Dishub Kota Bengkulu akan dilakukan secara bertahap.
 
"Kami meminta masyarakat untuk bersabar menerima program lampu jalan ini. Kami sadar bahwa masih banyak di dalam kota ini yang belum terlayani atau di pasang lampu jalan, tapi yakinlah berangsur-angsur semua akan terpasang," ujar dia.
 
 

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024