Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko, Provinsi Bengkulu, pada 2024 menyiapkan dana Rp1,1 miliar untuk membangun sarana pertanian, berkurang dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp6 miliar.

Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Pertanian Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Fernandi di Mukomuko, Kamis, mengatakan dana Rp1,1 miliar tersebut untuk membangun tiga ruas jalan sentra produksi (JSP) dan jalan usaha tani (JUT).
 
"Dana Rp1,1 miliar yang bersumber dari dana alokasi umum (DAU) 2024 hanya untuk pembangunan tiga JSP dan JUT, tidak ada untuk pembangunan irigasi," ujarnya.
 
Ia menyebutkan, dari dana Rp1,1 miliar itu, Rp370 juta di antaranya untuk pembangunan sarana pertanian di Desa Sinar Laut, Desa Pondok Batu sebesar Rp600 juta, dan pembangunan jalan di Desa Teras Terunjam sebesar Rp200 juta.
 
Ia mengatakan, instansinya saat ini masih menunggu surat pengesahan daftar penggunaan anggaran (DPA) dari pemerintah daerah untuk melaksanakan kegiatan pembangunan sarana pertanian di daerah ini.
 
Ia menyatakan, meskipun pembangunan sarana pertanian tahun ini sejalan dengan hasil musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan hingga kabupaten.
 
Kemudian, katanya, usulan pembangunan jalan usaha tani dan jalan sentra produksi tersebut berasal dari petani setempat sejak lima tahun sebelumnya.
 
Ia mengatakan, instansinya setiap tahun menerima usulan pembangunan jalan usaha tani dan jalan sentra produksi dari kelompok tani yang memiliki lahan perkebunan kelapa sawit dan lahan persawahan.
 
Sementara itu, pemerintah daerah setempat pada 2023 menyiapkan dana Rp 6 miliar untuk membangun jalan sentra produksi, jalan usaha tani, dan jaringan irigasi.
 
Ia mengatakan, dana Rp6 miliar tersebut digunakan untuk membangun jalan sentra produksi, perkebunan, dan jalan usaha tani yang tersebar di 28 titik dan pembangunan jaringan irigasi di empat titik.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024