Puluhan warga melakukan aksi membersihkan tumpukan sampah rumah tangga di trotoar dekat jembatan Kelurahan Koto Jaya, Kecamatan Kota Mukomuko yang dibuang oleh warga di wilayah ini.
 
Seorang warga Kelurahan Pasar Mukomuko Jamaris di Mukomuko, Sabtu, menyebutkan sebanyak puluhan warga yang melakukan aksi kebersihan tersebut selain anggota Forum Peduli Lingkungan (FPL) Kabupaten Mukomuko serta Lurah Koto Jaya, dan Lurah Bandar Ratu, Kecamatan Kota Mukomuko.
 
"Warga membersihkan tumpukan sampah di trotoar dekat jembatan Kelurahan Koto Jaya mulai dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 11.00 WIB," ujarnya.
 
Selanjutnya, katanya, warga memberikan sosialisasi dengan cara memasang papan mereka agar warga di wilayah ini tidak membuang sampah di trotoar dekat jembatan Kelurahan Koto Jaya tersebut.
 
Menurut dia, tumpukan sampah di lokasi jembatan sepanjang Jalan Lintas Sumatera di wilayah ini selain mencemari lingkungan sekitar serta dapat menyebabkan banjir.
 
Ia berharap, setelah ini tidak ada lagi warga di wilayah ini membuang sampah sembarangan apalagi di trotoar dekat jembatan Kelurahan Koto Jaya.

Namun demikian Jamaris yang juga anggota FPL sempat mengungkapkan rasa kecewa ke Dinas Lingkungan Hidup karena permintaan pinjaman mobil pengangkut sampah milik pemerintah daerah tidak diberika
 
Kabid Pengolahan Sampah, Limbah B3 dan Pengendalian Pencemaran Dinas Lingkungan hidup Kabupaten Mukomuko Agus Suardi menjelaskan, mobil pengangkut sampah bukan tidak diberikan karena kendaraan itu digunakan untuk membersihkan sampah di Balai Daerah Kabupaten Mukomuko.
 
"Kami sudah dihubungi oleh warga dan dua orang lurah, dan kami jelaskan bukan tidak diberikan, waktunya serentak, dengan di balai daerah," ujarnya.
 
 
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024