Mukomuko (Antara) - Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan mayoritas calon jemaah haji yang berangkat tahun 2015 mengalami penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi.

"Mayoritas hipertensi atau tekanan darah tinggi. Ini karena faktor usia calon jemaah haji (CJH) yang sudah tua dan faktor tubuh mereka yang kelelahan," kata Kabid Pemberantasan Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Melia Padjriani SKM, di Mukomuko, Rabu.

Ia menyebutkan, sebanyak 133 orang calon jemaah haji (CJH) asal daerah itu. Tiga orang CJH berusia 80 tahun dan yang paling muda satu orang berusia 18 tahun dari Desa Lubuk Sanai, Kecamatan XIV Koto.

Ia mengatakan, penyakit yang dialami oleh CJH ini kebanyakan berhubungan dengan darah, jantung, hipertensi, dan diabetes. Dan mayoritas hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Namun, katanya, CJH tahun 2015 ini lebih banyak yang sehat ketimbang kondisi kesehatan CJH tahun sebelumnya yang beberapa diantaranya memakai kursi roda.

Menurut, meskipun CJH ini mengalami penyakit hipertensi dan diabetes, namun mereka ini dibekali dengan obat-obatan untuk menjaga kondisi kesehatan mereka.

"Ada obat-obatan yang di bawa sendiri oleh CJH dan bantuan obat-obatan dari dinas ini untuk CJH," ujarnya.

Ia memastikan, dengan vitamin dan obat-obatan yang di bawa sendiri oleh CJH dan bantuan dari instansi itu dapat membantu untuk menjaga kesehatan CJH selama menjalani ibadah haji di Mekah.

"Kalau soal penyakit itu kita tidak perlu khawatir karena ada stok obat-obatan untuk CJH. Selain itu mereka juga didampingi oleh satu orang dokter dari daerah ini," ujarnya.***4***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015