Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera VII Bengkulu mengecek kondisi tanggul sungai di beberapa bagian wilayah Kabupaten Mukomuko.

Menurut Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera VII Bengkulu Media Ramdan di Mukomuko, Rabu, pemeriksaan tanggul sungai dilakukan di Manjuto Kanan, Pondok Batu, Arah Tiga, Pondok Panjang, dan Teras Terunjam.

Ia mengatakan, pemeriksaan dilakukan menyusul laporan dari pemerintah kabupaten mengenai erosi yang menyebabkan kerusakan tanggul sungai.

"Terhadap beberapa ruas sungai yang erosi ini dimohonkan oleh Pak Bupati kepada balai untuk dibantu penanganan penanggulangan darurat, untuk itu kami datang ke sini," katanya.

Ia menyampaikan bahwa BWS akan membantu penanganan darurat tanggul sungai yang rusak akibat bencana alam.

"Tapi dengan langkah awal harus ada pernyataan Bupati bahwa memang ada bencana, sehingga kami bisa masuk. Kalau itu belum ada, tentu kami belum bisa masuk," katanya.

Menurut dia, balai akan menilai kondisi tanggul sungai berdasarkan hasil pemeriksaan kemudian menyampaikan laporan mengenai kondisi tanggul ke pemerintah pusat.

Pemerintah pusat, ia mengatakan, selanjutnya akan menurunkan tim untuk melakukan pemeriksaan dan penilaian kondisi tanggul sungai.

"Kalau darurat turun dananya, kalau belum darurat kita diminta desain dulu untuk ditangani tahun selanjutnya," kata dia.
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024