Mukomuko (Antara) - Kabut asap menyelimuti sebagian wilayah Kecamatan Kota Mukomuko, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Jumat pagi, sehingga memperpendek jarak pandang pengendara sepeda, mobil dan motor di jalan raya.

Kabut asap itu diduga berasal dari pembakaran sampah rumah tangga, bukan kebakaran hutan dan lahan gambut, menyelimuti wilayah Kelurahan Koto Jaya, Kelurahan Pasar Mukomuko, Desa Ujung Padang, dan Kelurahan Bandar Ratu.

"Mulai pagi hari ini banyak kabut asap. Sebelumnya tidak ada kabut asap," kata warga Desa Ujung Padang Muklis.

Menurut Bapak empat anak ini, karena sejak tiga minggu terakhir wilayah itu tidak diguyur  turun sehingga terjadi kebakaran sedikit saja menimbulkan kabut asap.

Menurutnya, kabut asap yang menyelimuti wilayah itu baru berasal dari asap sisa kebakaran sampah rumah tangga. Belum dari kebakaran lahan gambut.

"Kabut asap ini berasal dari pembakaran sampah rumah tangga.  Kalau lahan gambut yang terbakar dampaknya kabut asap tidak hanya menyelimuti pada pagi hari saja tetapi bisa sampai malam," ujarnya.

Wilayah itu baru bisa terbebas dari kabut asap, setelah hujan. Kalau belum hujan kebakaran sedikit saja wilayahnya diselimuti kabut asap.

Ia berharap, wilayahnya segera diguyur hujan agar bebas dari kabut asap.***4***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015