Rejanglebong (Antara) - Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu menyebutkan kawasan wisata alam di Kabupaten Rejanglebong saat ini akan memperkuat kepariwisataan di daerah itu.

Kabid Pengembangan Produk dan Pariwisata Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu Suparhin di Rejanglebong, Kamis, mengatakan objek wisata yang dimiliki Rejanglebong berupa wisata alam, seperti pegunungan dan telaga.

Bengkulu yang ditunjang jalur tengah menyuguhkan pariwisata alam, salah satunya berada di Kabupaten Rejanglebong seperti Gunung Api Bukit Kaba, sumber air panas, telaga tujuh warna, serta destinasi wisata lainnya di kabupaten sekitar.

Dia mengatakan turis yang datang ke Provinsi Bengkulu, selain dapat menikmati keindahan Pantai Panjang dan beberapa pantai lainnya juga menikmati keindahan bawah laut saat menyelam di kawasan Pulau Tikus.

Para turis dalam maupun luar negeri ini, juga dapat menikmati pariwisata di jalur tengah yang menyajikan keindahan alam penggunungan khas Sumatera dengan aneka jenis flora yang cuma tumbuh di Bengkulu yakni bunga Rafflesia serta bunga kibut atau bunga bangkai (amorphopalus titanum).

Menurutnya, potensi pariwisata yang dimiliki sebaiknya didukung aneka kebudayaan daerah serta kearifan lokal. "Jika dikelola dengan optimal maka akan menjadi daya tarik tersendiri yang bisa mengundang minat orang untuk datang ke Bengkulu," kata Suparhin.

Untuk itu potensi pariwisata yang ada di daerah itu perlu didorong agar tumbuh dan berkembang sehingga bisa memunculkan sektor usaha lain yang berkaitan dengan kepariwisataan dan ekonomi kreatif.

"Kita perlu duduk satu meja untuk mengusahakannya sehingga potensi yang ada ini bisa dikembangkan untuk kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Namun demikian, katanya, hal itu tidak hanya cukup dengan mengalokasikan anggaran saja tapi harus didukung oleh Pemda dan masyarakat setempat agar bisa berjalan maksimal. ***1***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015