Rejanglebong (Antara) - Realisasi pendistribusian beras bantuan untuk masyarakat miskin di Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, hingga akhir Agustus 2015 mencapai 2.334.435 kg atau 66,46 persen dari kuota 3.512.520 kg.

Kabag Perekonomian Pemkab Rejanglebong, Helvin Elkadarido di Rejanglebong, Jumat, menyebutkan beras Raskin yang disalurkan ke daerah itu setiap bulannya diterima oleh 19.514 rumah tangga sasaran (RTS) yang merupakan warga tidak mampu tersebar dalam 156 desa/kelurahan pada 15 kecamatan di Rejanglebong.

"Setiap bulannya beras Raskin yang disalurkan sebanyak 292.710 kg, dengan jumlah penerima sebanyak 19.514 RTS yang tersebar di 156 desa dan kelurahan pada 15 kecamatan di Rejanglebong," katanya.

Dari 15 kecamatan itu sendiri tambah dia, yang sudah melakukan penebusan hingga Agustus sebanyak sembilan kecamatan diantaranya Kecamatan Curup, Curup Utara, Curup Selatan, Curup Timur, Bermani Ulu, Sindang Kelingi, Sindang Beliti Ilir, kemudian Kecamatan Padang Ulak Tanding dan Kota Padang.

Sedangkan enam kecamatan lainnya baru melakukan penebusan hingga Juli yakni Kecamatan Sindang Dataran, Sindang Beliti Ulu, Binduriang, Curup Tengah, Bermani Ulu Raya dan Selupu Rejang.

Penebusan raskin masing-masing desa/kelurahan kata dia, tergantung dengan pihak kecamatan masing-masing kecamatan, makin cepat mereka mengumpulkan dan penebusan dari tingkat desa/kelurahan maka makin cepat pendistribusiannya, karena saat ini pihak Bulog menerapkan sistem penebusan bayar dimuka.

Sementara itu untuk penebusan Raskin bulan September dan dua bulan kedepan saat ini belum ada yang melakukan penebusan, hal ini kata Helvin karena masih awal bulan dan beras yang akan ditebus juga tersisa beberapa bulan lagi.

Kuota beras Raskin yang diterima Kabupaten Rejanglebong tahun ini tidak mengalami perubahan masih seperti tahun-tahun sebelumnya, yakni sebanyak 3.512.520 kg, dengan jumlah penerima sebanyak 19.514 RTS.

Dari jumlah itu Kecamatan Padang Ulak Tanding dengan jumlah  2.875 RTS dengan jumlah beras yang disalurkan per bulan mencapai 43.109 kg. Sedangkan Kecamatan Curup Selatan tercatat paling sedikit menerima Raskin yakni sebanyak 748 RTS dengan penyaluran per bulan sebanyak 11.220 kg.***4***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015