Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun 2024 menyiapkan bantuan berupa alat pengemasan bagi para pelaku usaha, mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar produknya lebih menarik saat dipasarkan.
 
Plt Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Mukomuko Nurdiana di Mukomuko, Minggu, mengatakan penerima alat pengemasan untuk UMKM yang sudah mendapatkan sertifikat produksi pangan industri rumah tangga (PIRT), izin BPOM, dan memiliki nomor induk berusaha (NIB).
 
"Kita akan memberikan bantuan alat pengemasan kepada para pelaku UMKM agar mereka bisa membuat kemasan yang menarik dan diminati oleh pembeli," ujarnya.
 
Ia mengatakan, instansinya saat ini sedang melakukan survei yang melibatkan instansi terkait dan kepala desa untuk menentukan pelaku UMKM mana saja yang akan mendapatkan bantuan alat pengemasan  dari pemerintah daerah setempat.
 
"Kalau jumlah UMKM yang menerima bantuan alat pengemasan tergantung dengan UMKM ini sudah memiliki izin atau tidak, jumlah penerimanya bisa lima hingga 10 UMKM," ujarnya.

Ia mengatakan, pembagian alat pengemasan kepada UMKM menjelang pameran pembangunan dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-21 Kabupaten Mukomuko pada 20-24 Februari 2024.
 
Selanjutnya, katanya, pameran pembangunan dalam rangka hari jadi ke-21 di daerah ini menjadi peluang bagi UMKM untuk mempromosikan produk usahanya.
 
Untuk itu, ia mengimbau, agar para UMKM di daerah ini menyiapkan berbagai jenis produk kulinernya untuk dipromosikan pada saat pameran daerah dalam rangka hari jadi daerah ini.
 
Ia mengatakan, pemerintah daerah melalui instansinya sejak beberapa tahun terakhir memberikan pendampingan agar kemasan produk pelaku UMKM yang tersebar di 15 kecamatan di daerah ini lebih menarik.
 
Menurutnya, karena kemasan hasil produk pelaku UMKM juga mempengaruhi penjualan sehingga dibutuhkan pengemasan yang standar memenuhi kelayakan kebersihan dan kesehatan.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024