Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyiapkan anggaran sebesar Rp1,7 miliar untuk membiayai program umrah gratis bagi 50 warga daerah itu.
 
Asisten l Pemkab Rejang Lebong bidang Tata Pemerintahan, Hukum dan Kesra Pranoto Majid di Rejang Lebong, Selasa, mengatakan saat ini pihaknya tengah menyusun peraturan bupati terkait seleksi calon jamaah umrah gratis tersebut.
 
"Umrah ini nantinya untuk profesi wartawan, TNI, Polri dan ASN lintas sektoral,’’ kata dia.
 
Dia menjelaskan, warga yang akan mengikuti program ini bakal dimuat dalam Perbup Rejang Lebong.

Perbup itu nanti akan membahas tentang kriteria calon jamaah umrah yang dapat mengikuti seleksi, di mana untuk unsur profesi terbaru adalah wartawan, selain ASN, TNI/Polri, jaksa atau hakim.
 
‘’Syarat calon jamaah umrah tahun ini berbeda dengan sebelumnya. Kriterianya adalah penduduk Rejang Lebong usia 25 hingga 65 tahun atau 17 tahun ke atas untuk yang berprestasi. Sehat jasmani dan mampu membaca Al-Quran," terangnya.
 
Warga yang akan mengikuti program umrah gratis itu diusulkan oleh para camat di Rejang Lebong, di mana setiap camat mengusulkan tiga orang warganya yang terdiri atas tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan tokoh seni budaya yang aktif dibuktikan dengan SK instansi terkait.

Kemudian, masyarakat yang berperan aktif sebagai pengurus masjid dan perangkat agama seperti imam, khotib, bilal, gharim dan marbot serta guru ngaji minimal tiga tahun pengabdian yang dibuktikan SK masing-masing.
 
Sementara itu untuk perwakilan dari profesi jurnalistik diusulkan melalui Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), begitu juga dengan anggota TNI/Polri dan ASN lintas sektoral diusulkan pimpinan langsung kepada panitia seleksi.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024