Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyebutkan, logistik penyelenggaraan Pemilu 2024 tersebar dalam 15 kecamatan di wilayah itu semuanya telah ditarik kembali ke gudang KPU setempat.

Ketua KPU Kabupaten Rejang Lebong Ujang Maman saat dihubungi di Rejang Lebong, Kamis, mengatakan, pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2024 di wilayah setempat dilaksanakan dalam 816 TPS tersebar di 156 desa/kelurahan, dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 208.394 jiwa.

"Alhamdulillah pelaksanaan pleno rekapitulasi perolehan suara tingkat kecamatan tersebar dalam 15 kecamatan sudah rampung, dan selanjutnya semua logistik Pemilu 2024 ini ditarik kembali ke gudang logistik KPU Rejang Lebong yang berlangsung sampai Rabu malam," kata dia.

Dia menjelaskan, semua logistik Pemilu 2024 ini ditarik kembali setelah pleno di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), selesai dan kembali dikumpulkan ke dalam gudang logistik KPU setempat yang terletak di Kelurahan Batu Galing, Kecamatan Curup Tengah.

Penarikan logistik pemilu ini, kata dia, dilakukan setelah rapat pleno tingkat PPK yang digelar serentak sejak 18 hingga 22 Februari 2024.

"Logistik terakhir yang masuk ke gudang berasal dari Kecamatan Selupu Rejang dan Kecamatan Curup Tengah pada Rabu malam. Pelaksanaan plenonya lebih lama karena jumlah TPS di dua kecamatan ini lebih banyak dari kecamatan lainnya," katanya menerangkan.

Pada pelaksanaan pleno dalam 15 kecamatan di Rejang Lebong, tambah dia, berjalan dengan penjagaan petugas keamanan TNI/Polri dan petugas Panwaslu kecamatan masing-masing, apalagi masing-masing parpol juga telah mendapatkan salinan C hasil di setiap TPS.

Menurut dia, untuk tahapan selanjutnya akan dilakukan rapat pleno rekapitulasi perolehan suara masing-masing caleg dan partai politik di tingkat KPU Kabupaten Rejang Lebong, di mana waktu pelaksanaannya berakhir Februari 2024.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024