Bengkulu (Antara) - Dua kabupaten di Provinsi Bengkulu yakni Kabupaten Seluma dan Lebong dipimpin penjabat bupati hingga terpilihnya bupati-wakil bupati melalui pelaksanaan pemilihan kepala daerah pada Desember 2015.

Pelaksana Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu, Sumardi di Bengkulu, Kamis mengatakan selain Lebong dan Seluma, tiga kabupaten lainnya akan dipimpin penjabat bupati yakni Mukomuko, Bengkulu Selatan, Rejanglebong dan Kepahiang.

"Pelantikan empat penjabat bupati lainnya masih menunggu SK Mendagri," katanya.

Penjabat Bupati Seluma, Darpinuddin menggantikan Bundra Jaya yang sudah habis masa kepemimpinannya. Bundra Jaya juga kembali maju sebagai calon kepala daerah Seluma yang dimekarkan pada 2003.

Sedangkan Kabupaten Lebong dipimpinan Penjabat Bupati Khalid Agustin yang juga menjabat Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Provinsi Bengkulu.

Khalid menggantikan Rosjonsyah yang sudah berakhir masa kepemimpinannya. Mantan bupati Lebong itu juga kembali maju sebagai calon kepala daerah Kabupaten Lebong.

"Tugas utama para penjabat bupati adalah menyukseskan pilkada serentak dan menjalankan roda pemerintahan," katanya.

Sumardi mengatakan ada delapan daerah kabupaten yang akan menggelar pilkada serentak pada Desember 2015.

Namun, dari delapan kabupaten tersebut dua kabupaten yakni Kaur dan Bengkulu Utara tidak perlu dipimpin oleh penjabat bupati atau "caretaker" sebab masa jabatan kepala daerah berakhir setelah pilkada.

Pilkada serentak di Provinsi Bengkulu juga akan memilih gubernur-wakil gubernur yang diikuti dua pasangan calon yakni Sultan Najamudin-Mujiono yang diusung PDIP dan Partai Demokrat dan pasangan Ridwan Mukti-Rohidin Mersyah yang diusung PKPI, PKB, Hanura dan Nasdem.***2***

Pewarta: Helti Marini Sipayung

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015