Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyiapkan dua lokasi pasar takjil Ramadhan 1445 Hijriah untuk kalangan warga di daerah itu.

"Untuk lokasi pasar takjil Ramadhan 1445 Hijriah yang kita siapkan tahun ini di kawasan Pasar Mego dan kawasan Pasar Atas Curup," kata kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Rejang Lebong Upik Zumratul Aini di Rejang Lebong, Rabu.

Dia menjelaskan, lokasi pasar takjil Ramadhan tersebut disiapkan Pemkab Rejang Lebong guna memudahkan warga yang nantinya akan mencari makanan dan minuman berbuka puasa.

"Selain itu penyiapan lokasi pasar Ramadhan ini agar pasar tradisional tetap ramai, jadi setelah berbelanja sayuran atau pakaian mereka bisa membeli berbagai jenis takjil untuk berbuka puasa nantinya, " terangnya.

Menurut dia, selama ini lokasi pasar takjil Ramadhan di wilayah itu dipusatkan di Lapangan Negara Curup, namun karena lokasinya masih baru selesai dibangun dan dalam penataan sehingga dialihkan ke dua lokasi berbeda.

Sedangkan untuk warga yang berjualan di luar lokasi pasar takjil ini, kata dia, tidak bisa dipaksakan berjualan di tempat yang sudah ditentukan pemkab setempat misalnya yang berjualan di depan rumahnya atau lokasi lainnya tetapi tidak boleh mengganggu arus lalu lintas.

Lokasi pasar takjil Ramadhan yang siapkan Pemkab Rejang Lebong ini, tambah dia, belum ditentukan jumlahnya tergantung dengan banyak tidaknya pedagang yang mendaftar.

Keberadaan pasar takjil Ramadhan itu sendiri selain menyiapkan aneka jenis makanan dan minum untuk berbuka puasa, juga menjadi lokasi wisata kuliner warga setempat karena warga yang datang berasal dari berbagai kecamatan di wilayah perkotaan.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024