Wakil Bupati Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Wasri memastikan tahapan seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tahun 2024 di daerah ini berjalan transparan dan tidak ada peserta titipan dari oknum dan pihak tertentu.
 
"Tahapan pendaftaran saja online jadi transparan, jadi tidak ada titipan-titipan dari oknum-oknum atau pihak tertentu," kata Wasri di Mukomuko, Senin, usai membuka acara seleksi Paskibraka 2024. 
 
Sebanyak 184 peserta berasal dari berbagai sekolah tingkat SMA/SMK/MA baik swasta maupun negeri yang tersebar di daerah ini.
 
Ia yakin ratusan pelajar SMA yang menjadi peserta tersebut sebelumnya benar-benar telah mengikuti seleksi dari sekolah masing-masing.
 
Para peserta, lanjutnya, akan mengikuti rangkaian tes Paskibraka dan pengumumannya dari pusat berdasarkan peringkat nilai, sehingga semuanya transparan tidak ada titipan-titipan.
 
Panitia Seleksi Paskibraka Tingkat Kabupaten Mukomuko Riskan mencatat 211 orang yang mendaftar tetapi sebanyak 184 orang lulus administrasi, sisanya tidak melengkapi berkas persyaratan.
 
"Kami kasih mereka waktu satu hari sampai hari Jumat dan mereka siap melengkapi, tetapi ternyata sampai pukul 00.00 WIB tidak ada sehingga kami anggap tidak lulus administrasi," ujarnya.
 
Selanjutnya, kata dia, hari ini sebanyak 184 peserta yang lulus seleksi administrasi akan mengikuti Tes Intelegensi Umum (TIU), wawasan kebangsaan, dan Pancasila.
 
Ia mengatakan ada dua lokasi tes yakni SMP 3 dan SMP 1. 
 
Pelaksanaan tes Paskibraka ini, kata dia, digelar selama empat hari mulai dari tanggal 4-7 Maret 2023.
 
Sedangkan kuota yang diambil dari masing-masing seleksi sebanyak 36 peserta, kemudian dibawa mengikuti seleksi provinsi sebanyak lima pasang, lalu provinsi membawa tiga pasang untuk seleksi tingkat nasional.
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024