Rejanglebong (Antara) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, mendukung upaya pengembangan objek wisata Suban Air Panas di daerah itu oleh pemerintah provinsi setempat.

"Makin banyak yang dibangun di situ akan memajukan objek wisata Suban Air Panas, upaya ini sepenuhnya di dukung DPRD Rejanglebong sehingga bisa mengundang orang tertarik untuk mengunjunginya," kata Wakil Ketua II DPRD Rejanglebong Surya di Rejanglebong, Jumat.

Pengembangan kawasan wisata Suban Air Panas yang posisinya berada di Kecamatan Curup Timur tersebut oleh Pemprov Bengkulu kata dia, adalah hal positip dalam dunia kepariwisataan di Rejanglebong, mengingat untuk pengembangannya membutuhkan anggaran yang cukup besar sehingga tidak bisa hanya mengandalkan APBD setempat.

Pengembangan sarana penunjang yang dibiayai APBD Provinsi Bengkulu di kawasan wisata andalan daerah itu tambah dia, setidaknya terdapat 14 item pekerjaan di antaranya peningkatan dan pembuatan jalan tembus, penambahan sarana dan lainnya dengan besaran dana yang dikucurkan mencapai Rp5 miliar.

Untuk itu dia berharap, kucuran dana dari Pemprov Bengkulu ini ke depannya bisa ditingkatkan lagi sehingga berbagai potensi wisata yang ada di daerah itu bisa dikembangkan dengan baik sehingga bisa berkembang dan dapat meningkatkan penerimaan daerah serta kesejahteraan masyarakat sekitar lokasi wisata.

Sebelumnya Daditama, Koorkot Program Peningkatan Kualitas Permukiman (P2KP) perubahan program PNPM di Rejanglebong, dalam program pengembangan kawasan wisata di daerah itu, pihaknya dilibatkan oleh Pemprov Bengkulu untuk kegiatan pengembangan kawasan wisata Danau Bermanie atau Danau Talang Kering yang dilaksanakan pada tahun ini dengan besaran anggaran mencapai Rp5 miliar.

Pada pengembangan kawasan wisata Danau Talang Kering ini pihak P2KP kata dia, dilibatkan dalam rangka percepatan pengentasan kawasan kumuh yang salah satunya ialah berlokasi di seputaran danau tersebut.

Upaya yang dilakukan P2KP Rejanglebong ini tambah dia, ialah sebagai pendampingan masyarakat dalam pengentasan wilayah dan pengoptimalan program yang sudah laksanakan pada tahun 2014 lalu berupa pembangunan waterboom yang posisinya berseberangan jalan dengan kawasan wisata Danau Talang Kering. ***1*** 

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015