Kegiatan safari Ramadhan yang digelar Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu setiap tahunnya menjadi salah satu sarana pembinaan umat Islam.

Asisten I Bidang Tata Pemerintahan, Hukum dan Kesra Pemkab Rejang Lebong Pranoto Majid di Rejang Lebong, Selasa, mengatakan pemkab pada bulan puasa Ramadhan 1445 Hijriah menggelar safari Ramadhan di 14 dari 15 kecamatan di wilayah itu.

"Safari Ramadhan yang digelar Pemkab Rejang Lebong ini setiap tahun selalu diadakan, ini merupakan salah satu sarana pembinaan umat di setiap kecamatan." kata dia.

Dia menjelaskan, kegiatan safari Ramadhan Pemkab Rejang Lebong ini selain diikuti oleh pejabat pemkab setempat juga oleh mubaligh dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) maupun dari Kemenag Rejang Lebong, di mana selain pengarahan dari pejabat pemerintah juga diisi ceramah agama.

Kegiatan safari Ramadhan Pemkab Rejang Lebong tersebut, kata dia, dibagi menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama diketuai oleh bupati dan forkopimda serta para kepala organisasi perangkat daerah (OPD). Selanjutnya kelompok kedua dipimpin oleh wakil bupati dan kelompok ketiga dipimpin oleh sekretaris daerah.

Menurut dia, pelaksanaan safari Ramadhan 1445 Hijriah di Kabupaten Rejang Lebong akan dilaksanakan di 14 kecamatan di luar Kecamatan Curup. Pelaksanaannya dimulai dari 1 Ramadhan atau 12 Maret 2024.

Untuk hari pertama kecamatan yang akan dikunjungi tim adalah Masjid Nurul Falah Desa Tanjung Aur, Kecamatan Sindang Kelingi.

Ia menambahkan, kegiatan safari Ramadan merupakan program tahunan yang bertujuan selain menjalin silaturahim antara pemerintah daerah dan masyarakat, juga melaksanakan komunikasi pembangunan daerah.

Dia berharap dengan adanya kegiatan ini bisa meningkatkan tali silaturahim antara masyarakat dengan Pemkab Rejang Lebong, serta dapat mengetahui kondisi masyarakat dalam masing-masing kecamatan secara langsung.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024