Rejanglebong (Antara) - Pemerintah Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, tengah menyiapkan 100 unit stand untuk kegiatan bazar menyambut tahun baru Islam 1 Muharam 1437 Hijriyah.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Rejanglebong Suhandak, di Rejanglebong, Minggu, mengemukakan, pelaksanaan bazar tahun baru Islam di daerah itu akan berlangsung 6-13 Oktober yang dipusatkan di Lapangan Setia Negara Curup.

"Jumlah stand yang sudah kami siapkan sebanyak 100 unit, perunitnya dikenakan biaya sewa seharga Rp900 ribu. Dari 100 unit stand ini yang sudah dipesan penyewanya mencapai 90 persen," katanya.

Stand bazar tahun baru Islam yang dilaksanakan di daerah itu, tambah dia, setiap tahunnya selalu dilaksanakan, selain diisi dengan berbagai perlombaan bernuansa keagamaan juga digelar bazar yang menawarkan berbagai produk industri maupun industri rumahan.

Untuk mengantisipasi lonjakan jumlah penyewa pihaknya, kata dia, juga sudah menyiapkan sejumlah stand cadangan, selain stand umum, panggung utama kegiatan 1 Muharam dan panggung aneka perlombaan.

Sementara itu Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Pemkab Rejanglebong, Sholahudin mengatakan, dalam menyambut dan memeriahkan datangnya tahun baru Islam 1437 Hijriyah di daerah itu, Pemkab Rejanglebong akan menggelar festival Muharam yang dipusatkan di Lapangan Setia Negara Curup.

Rangkaian kegiatan festival 1 Muharam ini di antaranya ialah pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten, kemudian perlombaan kesenian bernuansa Islam, pemilihan dai cilik (Pildacil) dan pemilihan dai remaja (Pilkadara), lomba kasidah, rebana dan lainnya, serta pelaksanaan bazar.

Festival 1 Muharam itu, kata dia, akan dibuka Selasa (6/10) oleh penjabat Bupati Rejanglebong, di mana sebelum dibuka akan ditandai dengan pawai ta`aruf, berupa kendaraan hias dari masing-masing SKPD dan kecamatan yang dimulai dari lapangan Dwi Tunggal hingga finish di lokasi pusat kegiatan yakni di Lapangan Setia Negara Curup.***3***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015