Rejanglebong (Antara) - Pemerintah Kabupaten Rejanglebong Bengkulu menggelar Festival Muharam guna menyambut dan memeriahkan Tahun Baru Islam 1437 Hijriyah di daerah itu.

Menurut Plt Sekda Kabupaten Rejanglebong yang juga ketua panitia pelaksana Zulkarnain, Selasa menjelaskan keguatan itu dilaksanakan untuk memeriahkan datangnya tahun baru Islam di daerah itu dengan menggelar MTQ tingkat Kabupaten Rejanglebong ke-42 dan aneka perlombaan lainnya yang bernuasa Islami.

Kegiatan lainnya tablig akbar serta pawai ta`aruf yang diikuti kontingen dari 15 kecamatan di Rejanglebong.

"Selain itu juga pelaksanaan festival seni dan budaya bernuansa Islam meliputi lomba kasidah, lomba syarafal anam, lomba barzanzi marhaban, lomba hadrah, lomba nasyid, lomba azan tingkat anak-anak dan lainya serta pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten, bazar serta tabligh akbar," katanya.

Pelaksanaan kegiatan itu sendiri kata dia, dipusatkan di Lapangan Setia Negara Curup terhitung 6-12 Oktober yang bertujuan untuk meningkatkan dan menjaga keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT serta untuk menggali bakat generasi muda Islam maupun pelestarian seni budaya Islam.

Sementara itu penjabat Bupati Rejanglebong, Andi Roslinsyah mengatakan, menghadapi pergantian tahun hijriyah di daerah itu hendaknya umat Islam dapat melakukan muhasabah atau evaluasi terhadap aktivitas dan pencapaian ibadah yang sudah dilakukan selama ini agar kedepannya lebih baik lagi.

Selanjutnya dia juga berpesan agar kalangan umat Islam di Rejanglebong juga dapat memperbarui tekad dan peningkatan keimanan kepada Allah SWT. Selain itu kalangan umat Islam dan warga Rejanglebong lainnya juga diharapkan agar dapat menyukseskan pelaksanaan Pilkada serentak pada 9 Desember mendatang dengan jalan tidak golput dan menggunakan hak pilihnya sesuai pilihan masing-masing.

"Salah satu agenda penting dalam tahun baru Islam adalah melakukan muhasabah atau evaluasi diri terhadap yang sudah kita lakukan dalam satu tahun belakangan dan akan berbuat lebih baik lagi pada tahun selanjutnya, termasuk didalamnya adalah untuk mematangkan rencana kerja kedepan serta target yang akan dicapai," ujarnya.

Sementara itu untuk kalangan peserta MTQ dan perlombaan bernuasa Islami pada festival Muharam kali ini agar dapat menunjukan kemampuannya masing-masing sehingga dapat mengangkat nama baik daerah masing-masing serta nama Rejanglebong di kegiatan yang lebih tinggi lagi.***4*** 

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015