Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Curup yang membawahi empat kabupaten di Provinsi Bengkulu selama libur Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah mulai 8-15 April mendatang akan tetap membuka pelayanan.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Curup Eka Natalina Setiani dalam keterangannya di Rejang Lebong, Rabu, mengatakan pihaknya berkomitmen untuk memudahkan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dengan memberikan akses pelayanan kesehatan yang diperlukan, dengan mengacu pada prinsip portabilitas.

"Akan ada pelayanan piket di kantor cabang yang beroperasi dari pukul 08.00 hingga pukul 12.00 waktu setempat. Bagi yang mengakses layanan non tatap muka melalui pelayanan administrasi melalui WhatsApp atau PANDAWA, dapat dilayani dari pukul 08.00 hingga pukul 12.00 WIB," kata dia.

Dia menjelaskan, layanan yang disediakan bagi peserta JKN ini mencakup layanan informasi, layanan administrasi, dan layanan pengaduan. Selain itu, peserta JKN juga dapat memanfaatkan layanan administrasi JKN melalui aplikasi mobile JKN.

Kemudahan-kemudahan yang diberikan kepada peserta BPJS Kesehatan selama libur Lebaran 1445 Hijriah ini, kata dia, merupakan komitmen dari prinsip portabilitas yang diterapkan pihaknya dalam memberikan jaminan pelayanan kesehatan yang mudah, cepat, dan setara bagi peserta JKN di seluruh wilayah Indonesia.

Kepala Bagian Mutu Layanan Kepesertaan BPJS Kesehatan Cabang Curup Subagus Daeng Magassing menjelaskan bahwa BPJS Kesehatan telah menerapkan janji layanan JKN di fasilitas kesehatan, yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dalam rangka transformasi mutu layanan.

"Peserta JKN diberikan kemudahan dalam mengakses layanan JKN seperti cukup menunjukkan Nomor Induk Kependudukan atau NIK pada KTP elektronik untuk mengakses layanan di fasilitas kesehatan, dan tidak memerlukan fotokopi berkas," katanya.

Selain itu BPJS Kesehatan, kata dia, tidak mengenakan biaya tambahan bagi peserta JKN saat mengakses layanan di fasilitas kesehatan, asalkan berobat sesuai prosedur, serta dilayani setara tanpa diskriminasi.

Menurut dia, peserta JKN di wilayah kerja Kantor BPJS Kesehatan Cabang Curup yang membawahi Kabupaten Rejang Lebong, Kepahiang, Lebong dan Bengkulu Utara maupun dari daerah lainnya yang akan mudik dan ingin mengetahui fasilitas kesehatan terdekat bisa menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 165, maupun melalui aplikasi mobile JKN.*

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024