Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko, Provinsi Bengkulu, bersama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) setempat memberikan bantuan kepada korban kebakaran rumah di Desa Sibak, Kecamatan Ipuh.

"Hari ini bupati dan ketua Baznas bersama rombongan datang untuk menyerahkan bantuan kepada korban kebakaran rumah," kata Kepala Desa Sibak, Kecamatan Ipuh, Maswari di Mukomuko, Minggu.

Ia mengatakan rombongan bupati dan Baznas datang ke desanya setelah mendapat informasi satu unit rumah di wilayah Desa Sibak, Kecamatan Ipuh, hangus terbakar saat ditinggal mudik oleh pemiliknya pada Sabtu (13/4) sekitar pukul 01.00 WIB.
 
Bantuan dari  Pemkab Mukomuko berupa logistik bencana, bahan pokok, dan pakaian untuk anak sekolah, sedangkan bantuan dari Baznas berupa uang tunai sebesar Rp5 juta.
 
Pemkab Mukomuko selain memberikan bantuan logistik bencana juga menyerahkan bantuan material untuk membangun kembali rumah yang hangus terbakar.
 
"Bantuan yang diterima korban kebakaran rumah cukup banyak, selain logistik bencana juga material bangunan berupa semen, seng, dan paku," ujarnya.
 
Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Mukomuko Ramdani mengatakan satu unit rumah yang hangus terbakar tersebut milik Ali Mardani (37) warga Desa Sibak, Kecamatan Ipuh.
 
"Satu rumah yang terbakar tersebut terbuat dari papan. Saat kebakaran, rumah tersebut dalam keadaan kosong karena ditinggal mudik oleh pemiliknya," kata dia.
 
Ia mengatakan, kebakaran yang menghanguskan satu rumah warga desa yang berada sejauh 100 kilometer dari ibu kota kabupaten tersebut diduga berasal dari korsleting listrik atau arus pendek listrik.
 
Akibat kejadian tersebut sejumlah barang juga hangus terbakar, yakni dua unit sepeda motor, mobil, sepeda listrik, dua kulkas, dan beberapa tabung gas.
 
Ia memperkirakan korban kebakaran rumah ini mengalami kerugian sekitar Rp300 juta dihitung dari bangunan rumah serta beberapa kendaraan dan barang yang hangus terbakar.
 
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024