Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengapresiasi warga di wilayah Kecamatan Teras Terunjam yang melengkapi objek wisata Danau Lebar dengan rakit hias sehingga pengunjung dapat menikmati pemandangan alam dari atas air.  
 
"Di objek wisata Danau Lebar ada rakit hias yang dibuat oleh warga. Untuk membuat satu rakit ini warga di wilayah ini butuh modal Rp20 juta, dan mereka siang dan malam membuatnya selama seminggu," kata Kabid Pariwisata Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Mukomuko Netti Mizaniati, di Mukomuko, Minggu.
 
Ia mengatakan, bahwa objek wisata Danau Lebar perdana buka pada hari kedua lebaran sampai sampai sekarang, dan alhamdulillah warga ramai berkunjung ke objek wisata tersebut. 
 
"Ditambah lagi ada rakit hias yang dibuat oleh warga setempat, dan rakit ini mampu menampung sebanyak 30 orang," ujarnya pula. 
 
Ia mengatakan, setiap pengunjung yang mau naik ke rakit tersebut membayar sewa Rp15.000, selanjutnya pengunjung diajak berkeliling Danau Lebar yang berada dekat dengan ibukota kabupaten setempat. 
 
Ia mengatakan, berwisata menggunakan rakit berkeliling Danau Lebar tersebut menjadi andalan warga dari dan luar daerah ini berkunjung ke objek wisata tersebut. 
 
Ia berharap, ke depan jumlah rakit di Danau Lebar ini diperbanyak agar warga tidak antre panjang untuk berwisata menggunakan perahu tersebut. 
 
Sementara itu, sebanyak tiga objek wisata di daerah ini menyelenggarakan berbagai acara hiburan rakyat untuk mengisi libur Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.
 
Sebanyak tiga objek wisata ini, yakni Pantai Batu Kumbang di Desa Pulau Baru, objek wisata Danau Lebar di Kecamatan Teras Terunjam, dan Danau Nibung di Kecamatan Air Manjuto.
 
Dari tiga objek wisata yang menyelenggarakan hiburan rakyat, harga tiket masuk objek wisata Danau Lebar sebesar Rp25.000 per satu kendaraan roda empat dan Rp15.000 per satu unit sepeda motor. 
 
Ia mengatakan, objek wisata Danau Lebar perdana buka pada hari kedua lebaran sampai sampai sekarang, dan alhamdulillah warga ramai berkunjung ke objek wisata tersebut.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024