Bengkulu (ANTARA) - Sekitar 500 mahasiswa Universitas Bengkulu (UNIB) dan masyarakat sekitar mengikuti sholat minta hujan atau Istisqo di lapangan Rektorat UNIB, Jumat.

Kegiatan itu digagas oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Bengkulu (BEM UNIB) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kerohanian universitas tersebut.

"Kami juga mengundang beberapa pejabat, masyarakat umum dan mahasiswa untuk memohon ampunan agar hujan dapat turun" Kata Presiden BEM UNIB Jusrian Saubara Orpa Yanda usai pelaksanaan sholat.

Selain mahasiswa dan masyarakat, hadir pula Kapolda Bengkulu, Komandan Lanal Bengkulu, Danrem 041/Garuda Emas, tokoh pemerintahan, serta Rektor dan Wakil Rektor UNIB.

Sebelumnya sholat ini direncanakan berlansung pada Sabtu, 31 Oktober 2015, namun dengan beberapa alasan ibadah ini akhirnya ditunda.

"Kami mencari momen hari Jumat karena dalam islam hari itu lebih berkah namun ada beberapa pimpinan yang diundang tidak hadir," kata Yanda.

Ketika ditanya apabila tidak hujan untuk beberapa minggu kedepan, Yanda mengatakan akan terus memohon hujan turun dan melaksanakan sholat Istisqo kembali.

Sementara Iman Adi Sucipto dalam khutbahnya menyampaikan, jika belum datang hujan bukan berarti doa yang dipanjatkan tidak ampuh, melainkan saat ini masyarakat sedang diuji oleh Allah SWT.

"Beberapa waktu sebelumnya, hujan turun sehari namun besoknya tidak hujan lagi. Olehnya kita memohon agar hujan sering terjadi agar tidak lagi kekeringan" tutup Yanda.

Sholat ini dilaksanakan saat cuaca di Bengkulu mendung dan diamankan oleh puluhan aparat kepolisian. ***4***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015