Padang (ANTARA Bengkulu) - Panitia lokal 17 Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Padang menganjurkan kepada pelajar  SLTA sederajat yang akan mengikuti SNMPTN jalur ujian tulis agar melakukan pendaftaran lebih awal.

"Mendaftar lebih awal dianjurkan kepada pelajar SMA sederajat yang lulus pada 2010 dan 2011, dimana proses pendaftaran secara online telah dibuka melalui website http://ujian.snmptn.ac.id pada 10-31 Mei 2012," kata Panitia Lokal SNMPTN Amril Amir di Padang, Senin.

Menurut dia, bagi pelajar yang lulus pada 2012 masih harus menunggu pengumuman kelulusan ujian nasional pada 26 Mei dan masih tersedia waktu selama lima hari untuk mendaftar.

"Bagi pelajar lulusan 2010 dan 2011 dengan mendaftar lebih awal akan memaksimalkan persiapan mengikuti ujian," kata dia.

Ia menyebutkan, ujian tulis akan dilaksanakan pada 12-13 Juni 2012, dimana setiap peserta dikenakan biaya sebesar Rp150.000 per orang untuk kelompok IPA atau kelompok IPS, Rp175.000 per peserta untuk kelompok IPC (IPA dan IPS), dan Rp150.000 per peserta per ujian keterampilan bagi yang memilih program studi dan disetorkan melalui Bank Mandiri.

Dijelaskannya, ujian tertulis terdiri atas beberapa materi antara lain tes potensi akademik (TPA), tes bidang studi (TBS) prediktif meliputi matematika dasar, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris.

Selanjutnya, tes bidang studi IPA terdiri atas mata ujian matematika, biologi, kimia, dan fisika serta tes bidang studi IPS terdiri atas mata ujian sosiologi, sejarah, geografi, dan ekonomi.

Lalu, ujian ketrampilan diperuntukkan bagi peminat program studi bidang ilmu seni dan program studi bidang ilmu keolahragaan.

Amril menambahkan, pada pelaksanaan SNMPTN 2012 panitia lokal mengajukan penambahan kuota peserta ujian menjadi 40 ribu orang, dimana pada 2011 jumlah kuota yang diberikan oleh pusat hanya sekitar 37 ribu orang. (ANT)

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012