Bengkulu (Antara) - Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Bengkulu, Sukatno mengatakan bahwa media massa memiliki peran penting untuk menyukseskan pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak dengan menyajikan informasi yang benar dan berimbang kepada masyarakat.

"Media massa adalah pilar keempat dalam demokrasi karena itu perannya sangat penting dalam kehidupan masyarakat, termasuk menyukseskan pilkada," katanya saat dialog para jurnalis dengan Gubernur Bengkulu, Junaidi Hamsyah di Kantor Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Provinsi Bengkulu, Selasa.

Menurut Sukatno, informasi yang disampaikan kepada masyarakat melalui media massa dapat membentuk opini masyarakat terhadap pasangan calon kepala daerah tertentu.

Karena itu, penyampaian informasi yang benar dan berimbang menjadi kunci suksesnya pilkada, karena isi berita tidak menyesatkan masyarakat dan yang lebih penting dapat meningkatkan partisipasi pemilih.

"Mari kita bersama-sama menyukseskan pilkada serentak ini, karena baik buruknya penyelenggaraan pilkada bergantung pada kita semua," ucapnya.

Sementara Gubernur Bengkulu, Junaidi Hamsyah mengharapkan peran media massa mendukung penyelenggaraan pilkada serentak dapat meningkatkan partisipasi pemilih di daerah ini.

"Saat pemilu legislatif tahun lalu, Bengkulu termasuk daerah dengan partisipasi pemilihnya tinggi, minimal tidak menurun saat pilkada," kata Gubernur.

Pilkada serentak di Provinsi Bengkulu pada 9 Desember 2015 digelar di 10 kabupaten dan kota, untuk memilih gubernur-wakil gubernur.

Ada dua pasangan calon gubernur-wakil gubernur yang maju pada pilkada serentak yakni pasangan Ridwan Mukti-Rohidin Mersyah yang diusung PKB, Nasdem, PKPI dan Partai Hanura.

Sedangkan pasangan calon gubernur-wakil gubernur Sultan Najamudin-Mujiono yang diusung PDIP dan Partai Demokrat.

Selain itu, pilkada serentak juga digelar di delapan kabupaten untuk memilih bupati-wakil bupati yakni Kabupaten Bengkulu Utara, Lebong, Rejanglebong, Kepahiang, Seluma, Kaur, Mukomuko dan Bengkulu Selatan. ***2***

Pewarta: Helti Marini Sipayung

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015