Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu saat ini tengah menyiapkan program umrah gratis untuk 50 warga di daerah itu yang berasal dari perangkat agama dan warga berprestasi.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkab Rejang Lebong Herwin Wijaya Kusuma di Rejang Lebong, Senin, mengatakan program umrah gratis tersebut merupakan salah satu program unggulan bupati dan wakil bupati pada kampanye Pilkada serentak 2020.

"Saat ini Peraturan Bupati Rejang Lebong tentang program umrah gratis tahun 2024 masih disusun. Ini penting karena akan menjadi dasar hukumnya," kata dia.

Dia menjelaskan, umrah gratis tersebut akan diberikan kepada 50 orang warga dari 15 kecamatan di Rejang Lebong yang berasal dari perangkat agama dan masyarakat berprestasi.

Program yang sudah dilaksanakan untuk yang ketiga kalinya ini, kata dia, sudah dianggarkan dalam APBD Rejang Lebong Tahun 2024 dengan besaran anggaran mencapai Rp1,7 miliar.

Jika peraturan bupati tentang program umrah gratis ini sudah selesai pihaknya akan menyampaikan pengumuman persyaratan pendaftaran bagi calon peserta umrah gratis melalui 15 kecamatan.

Menurut dia, seleksi calon peserta umrah gratis ini dilakukan mulai dari tingkat kecamatan dan seterusnya dilakukan di tingkat kabupaten, di mana calon pesertanya harus melengkapi berkas persyaratan berupa dokumen asli serta adanya rekomendasi dari pihak kecamatan.

Setelah selesai menjalani seleksi pemberkasan calon peserta umrah gratis ini juga harus menjalani tes seperti membaca Al Quran, kemudian pengetahuan tentang umrah, lalu keterampilannya.

"Syarat calon jamaah umrah tahun ini berbeda dari sebelumnya. Merupakan penduduk Rejang Lebong usia 25 hingga 65 tahun atau 17 tahun ke atas untuk yang berprestasi. Sehat jasmani dan mampu membaca Al Quran," demikian Herwin Wijaya Kusuma.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024