Ubi Cilembu yang dihasilkan kelompok tani di Desa Dusun Sawah, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu berhasil menembus pasar supermarket di Kota Bengkulu dan Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan.

"Alhamdulillah produk pertanian berupa Ubi Cilembu dari Desa Dusun Sawah sudah mampu menembus pasar supermarket di Kota Bengkulu dan Kota Lubuklinggau, Sumsel," kata Kepala Desa Dusun Sawah Ruslan di Rejang Lebong, Minggu (12/5).

Dia menjelaskan, budidaya ubi Cilembu dari Desa Dusun Sawah ini merupakan bagian dari program hilirisasi dan ketahanan pangan nasional yang didukung penuh oleh pemerintahan desa, pembina desa wisata, kelompok tani dan daridesa.id. 

Budidaya ubi Cilembu tersebut, kata dia, dilakukan oleh Kelompok Tani Mahkota Tebo Leceak Desa Dusun Sawah. Pengiriman perdana ubi Cilembu ini ke Kota Bengkulu dan Kota Lubuklinggau, Sumsel, dilaksanakan Jumat (10/5) kemarin sebanyak 1 ton dari 16 ton permintaan setiap bulannya.

Keberhasilan produk pertanian dari Desa Dusun Sawah menembus pasar supermarket ini menurut dia, cukup membanggakan dan tidak terlepas dari dukungan semua pihak sehingga ke depan akan terus ditingkatkan lagi agar bisa menjadi salah satu produk unggulan Kabupaten Rejang Lebong.

Pembina Desa Wisata Kabupaten Rejang Lebong Kombes Pol Asrial Kurniansyah berharap agar ke depannya budi daya ubi Cilembu di Desa Dusun Sawah bisa mendapat dukungan dari semua pihak. 

Selain itu, ia juga berharap nantinya akan semakin banyak produk-produk pertanian di Kabupaten Rejang Lebong yang bisa maju dan berkembang seperti ubi Cilembu dari Desa Dusun Sawah.

Dikatakan Asrial, Kabupaten Rejang Lebong, memiliki potensi yang besar dari bidang pertanian dan pariwisata yang jika dikelola dengan baik akan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Ketua daridesa.id Hari Hermawan bersama Ketua Poktan Mahkota Tebo Leceak Hardo Winarto dalam kesempatan itu menyatakan siap mendukung program komoditas unggulan ubi Cilembu dari Desa Dusun Sawah menjadi program hilirisasi ketahanan pangan nasional dan UMKM di Kabupaten Rejang Lebong.

"Kita berharap ke depannya ubi Cilembu dari Desa Dusun Sawah ini menjadi salah satu komoditi yang bisa meningkatkan kesejahteraan petani maupun pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Rejang Lebong," kata Hari.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024