Komando Distrik Militer (Kodim) 0409/Rejang Lebong yang membawahi tiga kabupaten di Provinsi Bengkulu, membuka jalan baru dalam program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Tahun 2024 sepanjang 3,1 kilometer.

Perwira Seksi (Pasi) Teritorial Kodim 0409/Rejang Lebong Kapten Inf Arif Purwoko saat dihubungi di Rejang Lebong, Senin, mengatakan program TMMD reguler ke-121 tahun 2024 ini akan dilaksanakan di wilayah Kecamatan Padang Ulak Tanding (PUT) pada Juni mendatang.

"Jalan yang akan dibuka ini berada di Desa Belumai II, Kecamatan Padang Ulak Tanding dengan panjang mencapai 3.100 meter," kata dia.

Dia menjelaskan pembukaan jalan baru dan program TMMD tersebut nantinya akan menghubungkan Desa Belumai I dan Belumai II sehingga nantinya memudahkan pengangkutan hasil bumi berupa karet dan jenis tanaman lainnya.

Untuk lokasi kegiatan TMMD yang rencananya akan melibatkan 100 personel gabungan ini, kata dia, sudah ditinjau oleh Dandim 0409/Rejang Lebong bersama dengan rombongan konsultan teknis dari Dinas PUPR Rejang Lebong.

"Selain akan membuka jalan baru, TMMD ini juga akan diisi dengan pemasangan plat duicker, gorong-gorong, bedah rumah tidak layak huni sebanyak empat unit, rehabilitasi mushala, pembuatan poskamling dan kegiatan nonfisik lainnya," terang dia.

Pada pelaksanaan kegiatan TMMD Reguler ke 121 Tahun 2024 dilaksanakan mulai Juni 2024, tambah dia, akan didukung dua unit alat berat serta melibatkan lebih dari 100 personel yang berasal dari Kodim 0409/Rejang Lebong juga dari Brigif 8/GC Rejang Lebong, kemudian personel dari kepolisian, personel dari Pemkab Rejang Lebong serta warga setempat.

Menurut dia, program TMMD dilaksanakan Kodim 0409/Rejang Lebong ini akan mengedepankan nilai-nilai gotong royong bersama warga, apalagi program itu merupakan kegiatan rutin TNI Angkatan Darat.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024