Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bengkulu menyebutkan, sebanyak 65 orang peserta calon panitia pengawas kecamatan (Panwascam) untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 dinyatakan lulus seleksi administrasi.

Sebanyak 65 orang peserta tersebut nantinya akan mengikuti tes tertulis yang dilaksanakan pada 14 Mei 2024 di salah satu hotel di Kota Bengkulu.

"Sebanyak 65 orang dinyatakan lulus seleksi administrasi dan untuk pengumuman terkait nama-nama sudah kami input dalam website Bawaslu. Bagi yang lolos silakan persiapkan diri untuk ikuti tes selanjutnya," kata Ketua KPU Kota Bengkulu Rahmat Hidayat saat dikonfirmasi di Bengkulu, Senin.

Dengan diumumkannya peserta yang lolos tersebut, dirinya meminta agar masyarakat memberikan tanggapan terhadap nama-nama calon Panwascam yang lolos administrasi tersebut.

Ia menerangkan, tanggapan tersebut bertujuan untuk memberitahukan kepada Bawaslu Kota Bengkulu jika diantara calon Panwascam tersebut tidak memenuhi syarat dengan menyertakan barang bukti.

Seperti calon peserta bersangkutan merupakan anggota partai politik aktif, memiliki masalah hukum dan lain sebagainya.

"Kita buka tanggapan masyarakat, hal ini sebagai langkah antisipasi Bawaslu dalam menyaring calon Panwaslu kecamatan yang berintegritas dan tidak melanggar aturan," ujar dia.

Rahmat menjelaskan, total anggota Panwascam uang dibutuhkan sebanyak 27 orang, untuk proses pembentukan Panwascam tersebut dilakukan dengan dua metode yaitu jalur existing dan pendaftaran peserta baru.

Untuk peserta yang melalui pembentukan jalur existing sebelumnya telah dilakukan penilaian dan evaluasi dan yang dinyatakan lulus yaitu 19 orang.

Kemudian untuk delapan orang lainnya merupakan calon Panwascam yang baru yang tersebar di sejumlah kecamatan seperti dua orang di Kecamatan Gading Cempaka, satu orang di Kecamatan Muara Bangkahulu, satu orang di Kecamatan Ratu Samban, satu orang dari Kecamatan Kampung Melayu, dua orang di Kecamatan Ratu Agung dan satu orang di Kecamatan Teluk Segara.

"Dari 65 calon Panwaslu dari pendaftar baru ini akan diseleksi sampai ditetapkan nama yang kita anggap layak mengisi kebutuhan di setiap kecamatan itu," sebut dia.
 

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024