Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, selama dua hari terhitung 17 hingga 18 Mei 2024 melakukan penjaringan 468 orang calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pilkada serentak Tahun 2024 di wilayah itu.

Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM KPU Rejang Lebong Buyono di Rejang Lebong, Jumat, mengatakan sebanyak 1.227 pendaftar calon PPS yang dinyatakan lulus seleksi administrasi berhak mengikuti seleksi tertulis dengan metode Computer Assisted Test (CAT).

"Jumlah peserta yang berhak mengikuti CAT ini sebanyak 1.227 orang, dari jumlah itu nantinya akan diambil 468 orang untuk bertugas di 156 desa/kelurahan dalam 15 kecamatan di Rejang Lebong," kata dia.

Dia menjelaskan, seleksi tertulis dengan metode CAT yang diikuti 1.227 peserta tersebut dilaksanakan Jumat dan Sabtu (17-18/5) berlokasi di tujuh tempat.

Lokasi pelaksanaan CAT ini, kata dia, di tujuh sekolah yang memiliki laboratorium komputer, yakni SMKN 1 Rejang Lebong, SMKN 2 Rejang Lebong, SMAN 2 Rejang Lebong, SMAN 3 Rejang Lebong. Kemudian SMAN 8 Rejang Lebong, SMKN 3 Rejang Lebong serta SMKN 7 Rejang Lebong.

Pada pelaksanaan seleksi tertulis itu sendiri pihaknya akan mengambil dua kali kebutuhan atau enam orang untuk setiap desa/kelurahan yang nantinya akan mengikuti tahapan tes wawancara.

"Pada pelaksanaan CAT ini kita juga didampingi oleh PPK dari 15 kecamatan. Sedangkan untuk sesi wawancara nanti kita akan mendelegasikan PPK atau tidak, terlebih dahulu akan kita plenokan. Sesuai aturan, KPU juga bisa mendelegasikan PPK untuk melakukan tes wawancara," katanya.

Menurut dia, kebutuhan petugas PPS di Kabupaten Rejang Lebong sebanyak 468 orang yang nantinya akan bertugas di 156 desa/kelurahan atau setiap desa/kelurahan sebanyak tiga orang.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024