Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun 2016 akan menambah sebanyak lima unit sepeda motor roda tiga yang berfungsi untuk mengangkut sampah di pasar tradisional di daerah itu.

"Tahun 2014 kita telah membeli sebanyak enam unit sepeda motor roda tiga. Tahun 2016 kita beli lagi sebanyak lima unit," kata Kepala Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kabupaten Mukomuko Risber A Razak, di Mukomuko, Kamis.

Ia mengatakan, seperti peruntukan sebanyak enam unit sepeda motor roda tiga yang dibeli tahun 2014. Sebanyak lima unit sepeda motor itu nantinya berfungsi mengangkut sampah di pasar tradisional di daerah itu.

Terutama, kata dia, pasar pasar tradisional yang berada sepanjang Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di daerah itu dan pasar tradisional yang banyak menghasilkan sampah.

Ia menyebutkan, ada enam pasar tradisional sepanjang Jalinsum, yakni pasar tradisional Kecamatan Lubuk Pinang, Desa Lubuk Sanai, Kecamatan Kota Mukomuko, pasar Penarik, pasar Desa Tunggang, dan pasar tradisional Desa Pulai Payung.

Ia mengatakan, sejumlah pasar tradisional di daerah itu sudah diberikan bantuan sepeda motor roda tiga tersebut.

Pengadaan lima sepeda motor sampah itu, lanjutnya, untuk pasar tradisional yang belum mendapatkan bantuan sepeda motor roda tiga tersebut.

"Untuk teknis pengelolaannya di Dinas Pekerjaan Umum melalui bidang pertamanan dan kebersihan. Kami hanya pendukung sarana dan prasarana persampahannya," ujarnya lagi.

Termasuk, lanjutnya, teknis operasional sepeda motor itu menjadi tugas dari Dinas Pekerjaan Umum setempat.

Ia menyebutkan, harga pembelian sepeda motor tiga roda untuk mengangkut sampah itu seharga Rp40 juta per unit. ******

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015