Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu menyerahkan enam unit mobil ambulans untuk membantu operasional pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) yang ada di daerah itu.
 
"Enam unit mobil ambulans sudah kami terima, dan sudah ada di Dinkes, hari ini juga kami serahkan kepada enam Puskesmas," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Bustam Bustomo di Mukomuko, Senin.
 
 
Enam Puskesmas yang menerima mobil ambulans baru tersebut, yakni Puskesmas Lubuk Pinang, Puskesmas Lubuk Sanai, Puskesmas Tunggal Jaya, Puskesmas Selagan Raya, Puskesmas Kota Mukomuko, dan Puskesmas Retak Mudik.
 
Ia mengatakan enam Puskesmas ini menerima bantuan mobil ambulans baru, karena mobil ambulans yang ada di enam puskesmas tersebut sering rusak, sehingga sudah layak mendapatkan sarana yang baru.
 
Ia menambahkan karena enam Puskesmas ini sudah ada mobil ambulans, mobil ambulans yang lama diserahkan ke Dinkes. "Kami memerintahkan sebelum mereka mengambil mobil baru, mobil lama diserahkan, setelah sampai kita koordinasi dan serahkan ke bagian aset Badan Keuangan Daerah (BKD)," ujarnya.
 
Ia mengatakan instansinya tahun ini, selain mendapat tambahan mobil ambulans untuk enam Puskesmas, juga mendapatkan mobil Pskesmas keliling (Pusling) untuk dua puskesmas.
 
Selanjutnya, katanya, dua unit mobil Pusling ini untuk rumah sakit pratama dan Puskesmas Lubuk Sanai.
 
 
"Untuk dua unit kendaraan Pusling masih dalam proses pembuatan. Dalam waktu dekat ini kendaraan tersebut tiba di daerah ini," ujarnya.
 
Sementara itu, Dinkes Mukomuko pada tahun 2024 mendapatkan dana alokasi khusus (DAK) kesehatan sebesar Rp29 miliar, sebesar Rp3,8 miliar diantaranya untuk membeli enam mobil ambulans.
 
Sedangkan anggaran untuk membeli dua mobil Pusling sebesar Rp1,1 miliar bersumber dari DAK kesehatan tahun ini.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024