Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bengkulu menyebutkan hingga saat harga komoditas pangan di sejumlah pasar di wilayah tersebut menjelang Idul Adha 1445 Hijriah stabil.
 
"Menjelang Hari Raya Idul Adha di Kota Bengkulu mudah-mudahan aman dan terkait harga berdasarkan hasil pantauan di tiga pasar tidak terjadi kenaikan maupun penurunan signifikan," kata Kepala Bidang Pengembangan Perdagangan Disperidag Kota Bengkulu Erika Arisanti di Bengkulu, Minggu.
 
Ia menyebutkan, jika ada perbedaan harga di tiga pasar yaitu Pasar Panorama, Pasar Tradisional ?odern (PTM) dan Pasar Jangkar disebabkan karena biaya angkut yang berbeda.
 
"Untuk harga bahan pokok belum ada penurunan secara signifikan. Artinya, masih di angka terakhir yang sempat naik sedikit. Namun itu masih dalam skala wajar," ujar dia.
 
Berikut harga komoditas pangan saat ini di Kota Bengkulu yaitu daging ayam Rp36 ribu per kilogram, bawang merah dan bawang putih Rp60 ribu per kg.
 
Kemudian, cabai merah keriting Rp66 ribu ribu per kilogram, cabai rawit hijau Rp58 ribu per kg, telur ayam Rp29 ribu per kg dan lainnya.
 
"Untuk beberapa komoditas ini memang ada beberapa faktor yang menyebabkan harga tinggi, seperti bawang itu karena para petani baru masuk musim tanam, termasuk juga cabai," jelas Erika.
 
Lanjut dia, mendekati Idul Adha nantinya kemungkinan terjadi kenaikan ditambah lagi dengan kondisi cuaca yang tidak menentu sehingga mempengaruhi hasil panen petani.
 
"Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) provinsi dan kota kemarin sudah melakukan rapat. Kemungkinan ada operasi pasar namun dikoordinir oleh tim provinsi," sebutnya.
 
Diketahui sebelumnya, pada pelaksanaan pasar murah jelang Idul Fitri 1445 Hijriah di 20 titik, Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu menganggarkan dana sebesar Rp116 juta yang berasal dari anggaran pendapatan belanja daerah (APBD).
 
 

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024