Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, tengah menyiapkan fasilitas untuk tim penilaian 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2024 ke daerah itu.

Kepala Dinas Pariwisata Rejang Lebong Dodi Sahdani di Rejang Lebong, Senin, mengatakan Desa IV Suku Menanti, Kecamatan Sindang Dataran berhasil masuk dalam 50 besar penilaian ADWI 2024 yang diadakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyisihkan ratusan peserta se tanah air.

"Penilaian ini mungkin akan dilakukan lima sampai 10 hari ke depan, untuk persiapan Desa IV Suku Menanti sudah dilakukan sejak beberapa waktu belakangan sehingga visitasi oleh tim penilaian tidak ada kendala," kata dia.

Dia menjelaskan, persiapan yang dilakukan Pemkab Rejang Lebong ini mulai dari persiapan jalan, menghidupkan sarana prasarana olahraga, ekonomi kreatif maupun membuat akses transportasi lebih lancar karena beberapa hari lalu ada tanah longsor yang sempat menimbun badan jalan menuju daerah itu.

"Tadi juga kita sudah mendapat arahan dari pak bupati, yang memintas Dinas Pariwisata Rejang Lebong untuk membantu dan menyiapkan fasilitas yang dibutuhkan Desa IV Suku Menanti untuk persiapannya dalam penilaian ADWI 2024," terangnya.

Sejauh ini pihaknya, kata dia, belum mengetahui kategori penilaian yang akan dilakukan tim dari Kemenparekraf nantinya, mengingat sebelum penilaian baru akan diberikan pengarahan melalui zoom meeting terkait penilaian dan waktu tim turun ke lapangan.

Sedangkan untuk fasilitas yang sudah disiapkan Pemkab Rejang Lebong, tambah dia, ialah penginapan rombongan tim, transportasi serta petugas pendamping dan lainnya.

"Sedangkan untuk kedatangan menteri pariwisata ke Rejang Lebong sejauh ini kami belum mengetahuinya, mungkin nanti setelah visitasi dari tim penilai turun ke lapangan," urainya.

Sebelumnya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno di website jejaring desa wisata (jadesta) Kemenparekraf mengumumkan 50 besar penilaian ADWI 2024 salah satunya ialah Desa Wisata IV Suku Menanti Kabupaten Rejang Lebong.

Prestasi Desa IV Suku Menanti masuk 50 besar penilaian ADWI Tahun 2024 ini menyamai prestasi yang ditorehkan Desa Belitar Seberang, Kecamatan Sindang Kelingi yang pada 2022 lalu juga berhasil masuk 50 besar.
 

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024