Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun 2016 akan membangun saluran irigasi pompa berkualitas atau `Long Storage` untuk mengairi puluhan hektare sawah tadah hujan di daerah itu.

"Anggaran untuk pembangunan saluran irigasi pompa berkualitas satu `Long Storage` ini sebesar Rp190 juta," kata Kabid Prasarana dan Sarana Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan(DP3K) Kabupaten Mukomuko Elxandi, di Mukomuko, Kamis.

Ia mengatakan, pembangunan saluran irigasi pompa ini bertujuan untuk memanfaatkan sumber air yang ada baik sungai, danau, untuk mengairi sawah tadah hujan.

Pihaknya, katanya, akan memanfaatkan sumber air di sungai yang mati atau sungai yang airnya tidak mengalir sebagai lokasi pembangunan saluran irigasi pompa ini.

Untuk lokasi pembangunannya, katanya, masih dalam tahap survei untuk menentukan calon penerima dan calon lokasi (CPCL).

"Rencana kita di Kecamatan Ipuh. Karena mayoritas sawah tadah hujan berada di wilayah tersebut," ujarnya.

Ia mengatakan, saat ini sedang berjalan proses di konsultan perencanaan untuk merencanakan kegiatan pembangunan saluran irigasi pompa berkualitas tersebut.

Ia menargetkan, paling lama bulan Maret 2015 seluruh proses di konsultan perencanaan selesai. Selanjutnya proses lelang kegiatan pembangunan saluran irigasi pompa ini.

Ia menerangkan, pemerintah terus mengupayakan seluruh lahan potensial di luar irigasi teknis mendapatkan pengairan. Salah satunya pembangunan Long Storage ini.***3***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016