Tim Penggerak PKK Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan meresmikan sekolah untuk warga lanjut usia (lansia) pada peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31 tahun 2024.
 
Ketua Tim Penggerak PKK Kota Banjarmasin Hj Siti Wasilah di Banjarmasin, Selasa, menyampaikan, peresmian sekolah bagi Lansia ini sebagai bagian perhatian bagi mereka.
 
Dikatakan dia, program sekolah Lansia ini untuk meningkatkan kualitas hidup mereka lebih baik lagi, sehat dan tangguh untuk menjalani hidup di usia senja.
 
Apalagi, ungkap Wasilah, harapan hidup di kota seribu sungai ini sudah meningkat sampai di umur 74 tahun.
 
Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Banjarmasin ini menyampaikan, semua Lansia di kota ini harus mendapatkan perhatian yang maksimal, baik segi kesehatan, kesejahteraan hingga spiritual.
 
Dia berharap sekolah bagi Lansia ini bisa berjalan dengan baik, dimanfaatkan betul para Lansia, sebagai bagian untuk menciptakan keluarga yang bahagia.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Banjarmasin Helfian Noor menambahkan, sekolah Lansia yang baru saja diresmikan merupakan dari program Kencana.
 
"Baru dua titik diresmikan untuk menjadi pilot project. Jika berjalan baik ke depannya maka akan kita kembangkan di kelurahan lain," ujarnya.
 
Helfian menjelaskan, sekolah lansia, fungsinya untuk memberdayakan para lansia, namun tetap didampingi.
 
"Seperti posyandu untuk para lansia. Namun, ini lebih banyak interaksi mereka melalui materi yang diberikan. Misalnya, materi dari rekan psikologi ataupun tokoh agama," katanya.*

Pewarta: Sukarli

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024