Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Bengkulu mempercepat perekaman kartu tanda penduduk (KTP) elektronik untuk pemilih pemula menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada November 2024.
 
"Kami terus berupaya untuk melakukan perekaman KTP elektronik di setiap sekolah yang ada di Kota Bengkulu. Untuk itu, Dukcapil berharap agar pihak sekolah ikut mendukung program jemput bola yang dilakukan oleh Dukcapil," kata Kepala Dinas Dukcapil Kota Bengkulu Widodo di Bengkulu, Selasa.
 
Ia menyebutkan, terus dilakukan percepatan perekaman KTP elektronik untuk membantu masyarakat menggunakan hak suaranya pada pilkada.
 
Selain terus mempercepat perekaman, Widodo juga memastikan ketersediaan blangko KTP elektronik untuk pemilih pemula menjelang Pilkada 2024 di Kota Bengkulu.

Selain itu, Disdukcapil Kota Bengkulu telah melakukan perekaman KTP elektronik terhadap 2.487 pemilih pemula di wilayah tersebut.
 
Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu mencatat, menjelang Pilkada 2024, jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di wilayah tersebut mengalami kenaikan hingga 5 ribu orang.
 
"Untuk jumlah DPT di Kota Bengkulu mengalami kenaikan yaitu 5 ribu pemilih. Jika dibandingkan pada Pemilu 2024, jumlah DPT di Kota Bengkulu mengalami peningkatan sebanyak 5 ribu pemilih," sebut Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kota Bengkulu Bambang Meiliansyah.
 
Pada Pemilu 2024 sebanyak 270.194 orang dari sembilan kecamatan di Kota Bengkulu yang terdiri dari 132.661 pemilih laki-laki dan 137.533 pemilih perempuan dengan 67 kelurahan dan 985 TPS.
 
Sedangkan untuk Pilkada 2024 KPU telah menetapkan sebanyak 511 lokasi sebagai tempat pemungutan suara (TPS).
 
"Saat ini KPU Kota Bengkulu menetapkan sebanyak 511 TPS di wilayah tersebut pada pelaksanaan Pilkada 2024," kata Bambang Meiliansyah.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024