Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Marie Elka Pangestu akan mencanangkan Gerakan Nasional Indonesia Bersih pada 26 Mei 2012 di Kota Bengkulu.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu Darrussalam, Senin mengatakan, pencanangan gerakan Indonesia Bersih tersebut akan dipusatkan di lokasi wisata Pantai Panjang.

"Rangkaian acara akan dikolaborasi dengan rapat kerja nasional Seksi Wartawan Olahraga Persatuan Wartawan Indonesia yang digelar di Bengkulu," katanya di Bengkulu.

Ia mengatakan, lokasi wisata Pantai Panjang sepanjang 8 kilometer akan menjadi sasaran kegiatan yang diikuti ribuan peserta tersebut.

Gerakan tersebut, kata dia, diharapkan dapat memunculkan kesadaran warga Bengkulu secara khusus terhadap pentingnya memelihara lingkungan yang bersih.

"Terutama untuk kawasan wisata seperti Pantai Panjang yang menjadi salah satu ikon wisata Bengkulu sangat penting pada upaya peningkatan kunjungan wisatawan," katanya.

Gerakan Nasional Indonesia Bersih dicanangkan sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan Indonesia yang bersih dengan meningkatkan standart kebersihan.

Sebagai gerakan nasional, diharapkan semua elemen bergerak ikut berpartisipasi dalam mensukseskan Gerakan Nasional Indonesia Bersih ini sekaligus sebagai sarana yang strategis untuk menciptakan Indonesia bersih dan hijau.

Seperti kegiatan serupa yang sudah digelar di berbagai daerah sasaran kegiatan ini yakni kebersihan sarana perhubungan, seperti kereta api, bandara, pelabuhan, terminal, pembersihan sungai, kebersihan sekolah, pengelolaan limbah cair dan sampah padat.

Termasuk perubahan pola pikir yang mencakup sistem pendidikan, peningkatan partisipasi masyarakat, penegakan hukum dan berbagai upaya edukasi publik.

"Tujuannya termasuk menciptakan lingkungan kota yang nyaman untuk ditinggali warga, peningkatan keterlibatan masyarakat dalam pembangunan, konservasi energi, dan penegakkan hukum bagi pelanggaran terhadap lingkungan," katanya.(rni)

Pewarta:

Editor : AWI-SEO&Digital Ads


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012