Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, mendukung pembentukan persatuan pemuda dan masyarakat dari luar daerah yang ada di wilayah itu.

"Kabupaten Rejang Lebong ini multietnis, mari kita jaga dan rawat keberagaman budaya nusantara di Rejang Lebong. Pemkab Rejang Lebong akan mendukung pembentukan persatuan pemuda atau masyarakat dari berbagai luar daerah," kata Bupati Rejang Lebong Syamsul Effendi setelah menghadiri pelantikan pengurus DPC Pemuda Batak Bersatu (PBB) Kabupaten Rejang Lebong di Rejang Lebong, Selasa.

Dia menjelaskan daerah setempat terbuka atas kehadiran persatuan pemuda dan masyarakat luar di Kabupaten Rejang Lebong sehingga dapat mendukung keberagaman etnis dan budaya setempat.

Dengan pelantikan pengurus DPC PBB Kabupaten Rejang Lebong, dia mengharapkan, organisasi itu bisa berkontribusi dalam pembangunan daerah melalui berbagai program pembangunan dan kemasyarakatan yang bisa mereka lakukan.

"Kita harapkan dengan kehadiran Pemuda Batak Bersatu ini bisa bersinergi dengan pemerintah daerah dan masyarakat, bukan hanya masyarakat Batak tetapi juga dengan masyarakat Suku Rejang dan lainnya, karena sudah menjadi satu kesatuan," katanya.

Dia mengimbau masyarakat perantauan dari Sumatera Utara ini menggunakan hak suara pada Pilkada 2024 dengan cara memastikan sudah terdaftar sebagai pemilih di Kabupaten Rejang Lebong sehingga bisa menggunakan hak suara sesuai pilihan masing-masing.

Ketua DPD PBB Provinsi Bengkulu Sabam Sihite menjelaskan di Provinsi Bengkulu telah terbentuk delapan DPC PBB, termasuk di Kabupaten Rejang Lebong.

"DPC PBB merupakan organisasi kemasyarakatan yang tidak berafiliasi dengan partai politik manapun," kata dia.

Dia menjelaskan anggota PBB di Kabupaten Rejang Lebong merupakan perantau masyarakat Batak dari Tapanuli Utara dan Tapanuli Selatan, sehingga program PBB setempat menitikberatkan pada sektor ekonomi dan sosial kemasyarakatan.

Dalam kepengurusan DPC PBB Kabupaten Rejang Lebong ini terpilih sebagai ketua JP Simanjuntak. Pada proses pelantikan pengurus DPC PBB Rejang Lebong ini selain dihadiri Bupati Syamsul Effendi juga Wakil Bupati Hendra Wahyudiansyah, serta ratusan warga Batak.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024