Ribuan pelajar tingkat SD, SMP dan SMA sederajat di Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu mengikuti lomba gerak jalan memeriahkan HUT ke-79 Kemerdekaan RI di wilayah itu.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Rejang Lebong Hanapi yang juga ketua panitia gerak jalan HUT Kemerdekaan RI di Kabupaten Rejang Lebong, Senin, mengatakan peserta yang mengikuti lomba sebanyak 223 regu yang berasal dari tingkat SD, SMP, serta SMA sederajat.

"Lomba gerak jalan ini dibagi dalam dua sesi. Sesi pertama dilepas pukul 08.00 WIB diikuti 131 regu SD dan 55 regu SMP/MTs. Sesi kedua dilepas pukul 13.00 WIB diikuti 27 regu SMA/SMK/MA," kata dia.

Pelajar yang mengikuti lomba jalan santai ini berasal dari sekolah-sekolah yang ada di 15 kecamatan di Kabupaten Rejang Lebong, di mana jumlahnya mencapai 2.453 orang.

Selain itu lomba gerak jalan ini juga diikuti 61 regu OPD, kecamatan, desa/kelurahan, perguruan tinggi, dan masyarakat umum.

Asisten I Pemkab Rejang Lebong Pranoto Majid yang mewakili Bupati Rejang Lebong Syamsul Effendi mengatakan kegiatan itu dilaksanakan Pemkab Rejang Lebong guna memeriahkan HUT Kemerdekaan RI.

"Gerak jalan ini juga memiliki beberapa nilai filosofi yang ditanamkan kepada anak-anak sejak usai dini. Pertama, nilai-nilai patriotik yang diwariskan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan. Para pahlawan berjuang tanpa pamrih dan rela mengorbankan darah, air mata dan nyawa sekalipun," terangnya.

Gerak jalan ini juga memiliki nilai-nilai kompetitif, karena penampilan para peserta akan dinilai dewan juri dan pemenangnya akan mendapat hadiah menarik.

Lomba gerak jalan HUT Kemerdekaan RI yang digelar Dikbud Rejang Lebong itu sendiri mengambil rute dari rumah dinas Bupati Rejang Lebong di Jalan S Sukowati menuju bundaran masuk ke MH Thamrin, Jalan Merdeka lalu berputar di bundaran Pasar Bang Mego berbalik ke Jalan Merdeka dan finis di Lapangan Setia Negara Curup.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024