Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengonfirmasi kehadiran tiga pasangan calon (paslon) pada hari ketiga pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati Mukomuko dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Mukomuko.

"Pada hari pertama, sudah ada satu pasangan calon yang mendaftar. Lalu, pada hari ketiga ini, ada tiga pasangan calon yang telah mengonfirmasi pendaftaran," ujar Ketua KPU Kabupaten Mukomuko, Marjono, di Mukomuko, Rabu.

Ia menjelaskan bahwa pasangan calon yang mendaftar pada hari pertama adalah Edwar Setiawan dan Ruslan, yang diusung oleh Partai PAN, PDIP, dan Partai Gerindra.

Selanjutnya, pada hari ketiga pendaftaran, tiga pasangan calon telah mengonfirmasi kehadiran mereka. Pertama, pasangan Sapuan-Wasri mendaftar pada pukul 08.00 WIB, diusung oleh Partai NasDem, Partai Perindo, dan Partai Demokrat.

Kemudian, pasangan Renjes-Rismanaji mendaftar ke KPU sekitar pukul 13.00 WIB. Pasangan ini diusung oleh tiga partai politik, yaitu PKB, PPP, dan Hanura.

Terakhir, pasangan Choirul Huda-Rahmadi mendaftar ke KPU sekitar pukul 14.00 WIB, didukung oleh Partai Golkar.

Setelah pendaftaran di KPU Mukomuko, pasangan calon tersebut akan menjalani pemeriksaan kesehatan di rumah sakit yang telah ditetapkan oleh KPU.

"Ada dua rumah sakit yang kami tetapkan untuk pemeriksaan kesehatan calon bupati dan wakil bupati, yaitu Rumah Sakit M Yunus dan rumah sakit jiwa di Kota Bengkulu," jelasnya.

Pemeriksaan kesehatan dilakukan setelah dokumen persyaratan dinyatakan lengkap, dan KPU akan memberikan surat pengantar untuk pemeriksaan tersebut.

Berdasarkan jadwal, hari terakhir pemeriksaan kesehatan bagi calon bupati dan wakil bupati adalah pada tanggal 2 September 2024.

Selain Rumah Sakit M Yunus dan rumah sakit jiwa di Kota Bengkulu, KPU juga melibatkan Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk mengawasi paslon dalam menjalani tes narkoba di rumah sakit tersebut.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024