Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menerima bantuan dari pemerintah provinsi berupa logistik untuk kebutuhan bencana dengan nilai sebesar Rp380 juta.
 
"Total anggarannya sebesar Rp380 juta diberikan oleh pemerintah provinsi, untuk jenisnya berupa makanan siap saji, tenda, dan kasur," kata Plt Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko Eka Diana di Mukomuko, Sabtu.
 
Ia mengatakan, dari bantuan logistik bencana yang diterima daerah uni dengan total nilai Rp380 juta itu, belum seluruh barang tersebut dijemput, masih ada beberapa truk lagi yang diambil.
 
Sedangkan gudang logistik bencana yang di dinas ini, katanya, sudah banyak sekali berisi logistik bencana baik stok logistik yang lama dan bantuan logistik bencana yang baru dari pemerintah provinsi.
 
"Dalam waktu dekat ini kami menjemput sisa logistik bencana di provinsi," katanya.
 
Terkait dengan penerima logistik bencana ini, katanya, selain untuk warga yang terkena musibah bencana dan santunan untuk orang terlantar di daerah ini.
 
Ia mengatakan, dinasnya belum lama ini memberikan bantuan logistik bencana kepada keluarga korban yang tertimpa kayu di Desa Lubuk Bangko, Kecamatan Selagan Raya.
 
Sumber bantuan logistik bencana di daerah ini, katanya, selain dari pemerintah provinsi dan Kementerian Sosial, namun sampai sekarang daerah ini belum menerima bantuan logistik bencana dari pemerintah pusat.

Untuk itu, ia mengatakan, pihaknya juga akan menyampaikan proposal usulan bantuan logistik bencana kepada kementrian.
 
"Kami belum ke Jakarta untuk mengusulkan bantuan logistik bencana, dan jenis bantuan di kementerian itu selain makanan, ada pakaian dan kain," ujarnya.
 
Selain itu, katanya, kapan ada musibah ada dana di APBD untuk membeli berbagai barang yang dibutuhkan korban bencana seperti telur, minyak, beras, air minum, mi instan, dan material bangunan untuk korban kebakaran.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024