Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Bengkulu saat ini tengah menyiapkan pelatihan kerja untuk 80 warga yang berasal dari Kabupaten Kepahiang, Rejang Lebong dan Kabupaten Lebong.

"UPTD Pelatihan Kerja Kepahiang Tahun anggaran 2024 kembali memberikan kesempatan bagi masyarakat Kabupaten Kepahiang, Kabupaten Rejang Lebong dan Kabupaten Lebong untuk dapat mengikuti pelatihan keterampilan berbasis kompetensi secara gratis," kata Kepala UPTD Pelatihan Kerja Kepahiang Ade Triastuti saat dihubungi di Rejang Lebong, Minggu.

Dia menjelaskan, pelatihan kerja tersebut disiapkan oleh Disnakertrans Provinsi Bengkulu melalui Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) Pelatihan Kerja Kepahiang, terdiri dari pelatihan barista (penyeduh kopi) untuk satu kelas sebanyak 16 orang, dengan waktu selama 23 hari. Kemudian pelatihan tata kecantikan kulit untuk satu kelas sebanyak 16 orang, dilaksanakan selama 23 hari.

Selanjutnya pelatihan instalasi listrik dan bangunan sederhana dibutuhkan untuk dua kelas, sebanyak 32 orang dengan lama pelatihan 33 hari. Serta pelatihan pembuatan batik tulis untuk satu kelas berisikan 16 orang, dengan lama pelatihan selama 33 hari.

Kalangan warga dari tiga kabupaten yang berminat mengikuti pelatihan ini, kata dia, dapat mendaftarkan diri terhitung sejak 26 Agustus hingga 6 September nanti.

Adapun persyaratan untuk mengikuti pelatihan tersebut di antaranya berusia minimal 17 tahun, sehat jasmani dan rohani, mendaftar di website Kemenaker https://pelatihan.kemnaker.go.id.

Kemudian fotokopi ijazah terakhir (jika ada). Fotokopi KTP, KK dan daftar riwayat hidup, dan lembar bukti terdaftar di Sisnaker, serta membawa map kertas. Untuk barista map kuning, tata kecantikan map pink, instalasi listrik map biru dan pembuat batik map hijau.

"Untuk seleksinya akan dilaksanakan Senin pagi, tanggal 9 September 2024, bertempat di aula UPTD Pelatihan Kerja Kepahiang. Pengumuman hasil seleksi akan dilaksanakan tanggal 11 September," terangnya.

Dia menambahkan, bagi peserta yang dinyatakan lulus seleksi dan mengikuti pelatihan sampai selesai akan diberikan uang transpor.l

"Calon peserta yang mendaftar diutamakan yang putus sekolah dan tidak sedang kuliah, serta yang belum pernah mengikuti pelatihan di UPTD Pelatihan Kerja Kepahiang dalam dua tahun terakhir," demikian Ade Triastuti.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024