Bengkulu (Antara-IPKB) - Meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan bagi petugas lapangan sebagai garda depan program KB, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Bengkulu tahun ini kembali latih petugas dan penyuluh KB di daerah itu.

Tahun ini pelatihan melibatkan sebanyak 90 orang tenaga petugas dan penyuluh lapangan keluarga berencana (PKB/PLKB) di Provinsio Bengkulu," kata Kepala Sub Bidang Penyelenggara dan Evaluasi, Bidang Pelatihan dan Pengembangan (Latbang) BKKBN setempat Arsyad, kepada wartawan di kantornya baru ini.

Ia mengatakan, pelatihan terhadap peserta sebanyak itu dilakukan dalam tiga angkatan yang digelar sejak akhir Maret hingga awal April mendatang yang dipusat di aula Balatbang BKKBN.

Tiap angkatan, terdapat peserta sebanyak 30 orang dari kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu, ujarnya.

"Kita laksanakan pelatihan itu telah dimulai sejak 28/3 hingga 6/4 2016."

Ia menambahkan, tujuan dengan adanya pelatihan yang digelar secara reguler itu dapat meningkatkan wawasan program kependudukan, KB dan pembangunan keluarga bagi petugas lapangan, serta meningkatnya strategi dan kiat penggerakan partisipasi masyarakat.

Melalui hal itu juga, diharapkan petugas KB di daerah mampu menjelaskan implikasi masalah kependudukan dan dasar-dasar demografi, harapnya. 

Dengan demikian maka peran penyluh dan petugas lapangan progrm kependudukan, KB dan pembangunan keluarga itu mampu meningkatkan kualitas maupun kuantitas atau kesertaan KB.

Tidak hanya itu, kata Arsyad, melalui peran petugas lapangan tersebut mampu menekan sejumlah isu pembangunan kependudukan dan KB.

Menyoal masalah yang dihadapi program KB di Bengkulu, terdapat salah satu yang menjadi isu strategis dan menjadi indikator kinerja yakni menekan kelahiran total dan angka putus pakai atau unmet need, meningkatkan kesertaan ber-KB, katanya.

Beberapa isu strategis itu dapat diraih dengan meningkatnya pengetahuan dan keterampilan petugas lapangan KB, pungkas Arsyad. (rs) 

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016